Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak

Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak
Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak
Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak
Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak - selamat datang di blog sederhana ini sob, kali ini admin akan sedikit berbagi tips tentang komputer, yaitu bagaimana ciri-ciri atau tanda-tanda motherboard PC atau laptop kamu rusak, berbicara tentang motherboard atau sebagian orang menyebutnya dengan mainboard, adalah komponen penting pada semua perangkat elektronik terutama komputer atau PC, jika diartikan dalam bahasa Indonesia Motherboard adalah papan induk, atau mainboard papan utama, motherboard ini adalah tempat terhubungnya semua komponen yang ada pada komputer. 


Jika motherboard atau mainboard rusak, apa yang akan terjadi?, tentunya akan membuat komputer yang kita miliki mati alias tidak berfungsi lagi dan semua hardware dan software pada PC atau laptop tidak akan berjalan,  jadi kita tidak dapat lagi menggunakan komputer atau laptop sebagaimana mestinya, 

Sama seperti perangkat komputer atau perangkat elektronik lainnya, tentu saja motherboard bisa mengalami kerusakan. Kerusakan pada motherboard terkadang sering bersamaan dengan kerusakan perangkat hardware lainnya. Kemudian jika mainboard atau motherboard ini rusak dapat diperbaiki??, jawabannya adalah 35% bisa, kenapa tidak 100% bisa, karena produk pabrikan jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dulu, dimana komponen yang menyusun terbentuknya motherboard kebanyakan sudah diproteksi atau dilindungi agar tidak bisa diperbaiki, dan memang dari pabrik motherboad dibuat hanya bertahan hingga 2 tahun, namun jika kamu memiliki umur motherboard lebih dari 2 tahun berarti bisa dibilang beruntung dan sukses merawat komputer hingga berumur panjang.
Baca juga : Cara merawat komputer yang baik

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bagaimana sih ciri-ciri dan tanda-tanda kerusakan pada motherboard yang harus diketahui. Dengan mengetahui beberapa ciri dan tandanya tentunya akan sangat berguna bagi kita, seperti dapat mencegah dan menangani kerusakan yang mungkin terjadi pada PC atau laptop kita, selain itu dapat menghindarkan kita dari resiko kehilangan data penting pada komputer, 

Beberapa ciri – ciri kerusakan motherboard :

1. Sering muncul bunyi beep berkali-kali
Biasanya bunyi beep merupakan ciri dari kesalahan yang ada pada motherboard, entah itu dari pemasangan RAM atau VGA yang tidak tepat, jadi coba cek semua hardware sudah terpasang dengan benar dan tepat, jika memang sudah dipastikan dipasang dengan benar, bisa jadi motherboard kamu bermasalah sob. Baca juga : Motherboard dan bagian-bagiannya

2. Komputer sering restart atau mati sendiri
Ciri yang satu ini paling sering dialami, biasanya komputer yang restart atau mati sendiri disebabkan oleh suhu processor yang terlalu panas, atau dari power supply yang sudah tidak normal, pastikan dan cek suhu, power supply serta hardware lainnya, kamu bisa mencobanya pada komputer lain untuk memastikan.  Baca juga : Cara mengatasi komputer sering restart

3. Permasalahan pada BIOS
Kerusakan pada motherboard juga bisa terjadi dikarenakan kesalahan pada BIOS, hal ini terjadi dikarenakan gagal update bios, overclock atau IC BIOS yang bermasalah, biasanya cirinya adalah kamu tidak dapat booting, dan hanya berhenti pada logo bios, atau kamu tidak dapat masuk pada setting bios. Baca juga : Mengenal BIOS pada komputer dan laptop

4. Kipas pendingin CPU tidak berfungsi
Ketika kamu menyalakan komputer kemudian kipas tidak berjalan, bisa jadi motherboard kamu rusak, karena motherboard tidak dapat mengalirkan listrik.

5. Komputer atau laptop sering hang (Not Responding)
Jika komputer kamu sering hang, bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada motherboard, yaitu pada port atau slot yang didalamnya sudah tidak lagi normal, bisa dikarenakan listrik yang tidak stabil, ataupun faktor usia.

6. Tampilan layar blank atau berhenti di logo BIOS
Semua indikator seperti normal, kipas dan lampu power juga menyala, namun di layar tidak tampil apa-apa alias blank, bisa jadi motherboard kamu rusak sob, itu dikarenakan motherboard tidak dapat melanjutkan proses booting dikarenakan ada error atau kesalahan, bisa saja karena pemasangan hardware yang tidak benar, ataupun karena hardisk yang tidak normal.

7. Komputer sulit dinyalakan
Penyebab yang paling utama komputer atau laptop sulit dinyalakan, biasanya dikarenakn kita terlalu sering mematikan komputer tidak dengan cara yang benar, yaitu melalui proses shutdown, bisa disebabkan karena kita sering menggunakan mode stanby, sleep atau hibernate. Jika kamu sering melakukan kebiasaan itu, maka IC power yang terdapat pada motherboard akan rusak.

8. Komputer mati total
Jika komputer sudah sulit dinyalakan, lama kelamaan komputer akan mati total, gejala ini biasanya adalah gejala yang sering dijumpai, namun janganlah dulu memvonis bahwa mainboard yang bermasalah, cek terlebih dahulu pemasangan komponen dan hardware pastikan sudah terpasang dengan benar, dan juga kondisi hardware seperti power supply, RAM, VGA dan lain sebagainya dalam keadaan normal.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri motherboard rusak ini, semoga dengan kita mengenali tanda-tanda kerusakan pada mainboard tadi, kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, cukup sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar