Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas

Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas
Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas
Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas


Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas - hai sob selamat datang di blog sederhana ini, kali ini saya akan sedikit berbagi tips sekaligus informasi yaitu tentang investasi emas, diharap melalui artikel ini Anda dapat lebih mengetahui sedikit tentang investasi emas, jadi Anda tidak akan ragu untuk memulai berinvestasi logam mulia ini. Investasi saat ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin memiliki jaminan dan kepastian hidup yang mapan di masa mendatang.

Pada zaman sekarang banyak masyarakat yang lebih memilih berinvestasi logam mulia dikarenakan harganya yang stabil. Namun pada kenyataanya, harga emas yang beredar di pasaran bisa saja tidak stabil dan dapat mengalami perubahan harga yang cepat. Hal ini dapat disebabkan karena banyak hal, seperti salah satu faktor yang sangat berpengaruh yaitu kondisi dan masalah perekonomian dalam suatu negara. 

Investasi sudah pasti memiliki sejumlah resiko di dalamnya, sehingga berbagai bentuk antisipasi dan solusi wajib ada dan dilakukan. Pembelian emas dalam bentuk investasi perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan secara tepat terlebih dahulu, karena harga emas yang fluktuatif dan sangat dipengaruhi nilai inflasi mata uang. Pada dasarnya nilai atau harga emas ditentukan dengan harga Dollar, dimana harganya dapat berubah sewaktu-waktu dan dipengaruhi nilai tukar rupiah, Semakin rendah harga rupiah terhadap mata uang dolar, maka semakin tinggi harga emas dipasaran. Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing dapat dipengaruhi oleh berbagai hal yang terjadi di dalam perekonomian negara kita, misalnya keamanan dan kestabilan ekonomi negara itu sendiri.

Berikut dibawah ini adalah bentuk investasi emas :


1. Investasi emas dalam bentuk perhiasan

Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas

Investasi dalam bentuk perhiasan emas sudah banyak dipilih kebanyakan masyarakat sejak jaman dahulu. Disini Anda bisa dikatakan sambil berhias, sambil berinvestasi. Namun investasi dalam bentuk perhiasan ini memiliki kelemahan lho?, salah satunya adalah biaya pembuatan yang harus dikeluarkan untuk membuat perhiasan tersebut.

Jumlah biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan perhiasan emas bisa dibilang cukup besar, biasanya biaya ini dihitung dalam per-gram emas yang akan kita beli. Semakin berat perhiasan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatannya.

Selain itu, semakin rumit bentuk perhiasan emas tersebut maka biaya pembuatannya sendiri juga semakin tinggi. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan perhiasan ini akan hilang atau tidak akan dihitung jika kita melakukan penjualan kembali emas tersebut. Jika Anda akan menjualnya kembali, nilai perhiasan emas akan dihitung berdasarkan berat dan kadar emas yang terkandung di dalam perhiasan tersebut. Padahal Anda sudah membayar sejumlah biaya untuk pembuatan ketika membuat perhiasan emas tersebut.

2. Investasi emas dalam bentuk emas batangan / bar

Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas

Nilai investasi emas dalam bentuk batangan ini lebih tinggi daripada emas perhiasan, dikarenakan nilai investasi ini bisa dikatakan lebih stabil antara nilai jual dengan nilai belinya, jika Anda ingin membeli emas batangan haruslah disertai sertifikat keaslian sebagai jaminan untuk keaslian emas batangan ini, seperti ukuran dan tingkat kadar emas yang dimiliki.

Di Indonesia, emas batangan secara resmi dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang Tbk, yang mengeluarkan beberapa ukuran emas batangan antara lain 1, 2, 2.5, 5, 10, 25, 50,100, 250, 1000 gram dengan kadar emas 999,9%.

3. Investasi emas dalam bentuk tabungan

Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas

Memiliki gaji kecil, atau simpanan sedikit?, tidak perlu kuatir sob, jenis investasi ini sangat cocok bagi kamu yang juga ingin berinvestasi emas, kenapa?, kamu ga harus mengeluarkan banyak uang untuk memulai investasi logam mulia ini. Investasi emas dalam bentuk tabungan ini maksudnya adalah saldo atau uang yang kamu miliki di tabungan nantinya bukan berbentuk mata uang akan dikonversi dalam bentuk gram.

Investasi emas dalam bentuk tabungan salah satu contohnya adalah di Pegadaian, disini kamu bisa menabung emas mulai dari Rp.5000 sampai Rp. 10.000 saja, cukup ringan bukan, dengan Rp. 5000 setara dengan 0,01 gram emas. Dengan begitu masyarakat semakin dimudahkan.

Konsep tabungan emas ini adalah kita membeli emas sekaligus menitipkannya di Pegadaian dan dapat dicairkan kapan saja Anda membutuhkannya, namun dengan ketentuan harga disesuaikan dengan harga pada waktu Anda melakukan pencairan atau pengambilan. 

Bukan hanya di Pegadaian, bahkan di beberapa Bank juga membuka investasi tabungan emas ini, yang pasti aman, legal dan terjamin ya sob, jadi terserah Anda mau memilih yang mana.

4. Loco London Gold (LGD)

Tips Jika Kamu Ingin Investasi Emas

Berbeda dengan investasi emas yang sebelumnya sudah dijelaskan diatas yang berbentuk fisik dan dapat dilihat. Investasi LGD ini berbentuk non fisik atau bisa disebut investasi emas di dunia maya. Investasi ini bisa juga disebut berbisnis nilai tukar emas atau gold trading. Loco London Gold adalah ajang bagi investor emas yang tidak ingin berdagang dengan emas fisik dan beralih memperdagangkan nilai tukarnya di pasar emas dengan margin.

Situasi perdagangan emas di Loco London Gold sangat fleksibel dan dapat berlangsung sepanjang hari, sehingga Anda harus benar-benar familiar dengan metode dan cara jual beli margin emas, penentuan waktu transaksi dan pemilihan jenis transaksi yang dilakukan. Anda juga harus paham dengan naik turun harga emas di seluruh dunia, karena sangat memengaruhi bentuk transaksi di pasar emas London ini.

Pengawasan yang sangat ketat di Loco London juga dapat membantu menjaga kestabilan aktifitas perdagangan emas di dunia. Selain itu, investasi logam mulia dalam bentuk maya ini dapat menjadi sarana diversifikasi investasi agar resiko investasi bisa diperkecil.

Resiko berdagang kontrak derivative emas dalam bentuk ini sebenarnya lebih besar daripada berdagang emas secara fisik, namun resiko itu bisa diperkecil ketika Anda berkonsultasi pada konsultan investasi kontrak emas berjangka yang banyak terdapat di Indonesia. (sumur : kaskus)

Cukup sekian sedikit tips dan info tentang investasi emas atau logam mulia ini, semoga setelah Anda membaca artikel ini sedikit tahu dan dapat memilih jenis investasi emas yang cocok untuk Anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar