Mengenal Apa itu Arti Viral yang Sebenarnya

Mengenal Apa itu Arti Viral yang Sebenarnya
Mengenal Apa itu Arti Viral yang Sebenarnya
Apa itu Arti Viral
Mengenal Apa itu Arti Viral yang Sebenarnya - Viral, kata ini sering kali terdengar di dunia maya, khususnya di sosmed atau sosial media. Banyak status dan postingan yang menyebut kata “viral” ini. Bahkan banyak blogger yang membuat topik blognya di khususkan untuk memuat berita dan status yang sedang viral di dunia maya. 

Kita sering menemui berbagai hal yang viral di internet. Misalnya seperti video viral, gambar dan foto viral, status viral, meme viral, bahkan sampai lagu yang sedang viral, Dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu ada sebuah lagu yang sedang viral di dunia maya, sebut saja seperti lagu despacito. Dan juga hal viral lain nya, seperti bisnis ternak lele, akun kak seto gadungan, status kids jaman now dan juga generasi micin, dan juga video ha. . ah sudahlah. Dan masih banyak yang lain nya.

Nah, dari sedikit basa-basi diatas. Anda pasti bertanya-tanya, tentang arti dari kata viral yang sebenarnya. Jadi, apakah pengertian dari kata viral ini ?. Simak saja penjelasan nya di bawah ini.


Apa itu Viral?

1. Arti kata viral menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Kata “viral”, tidak ada di dalam bahasa indonesia. Kata viral berasal dari bahasa inggris, jadi kata viral sama sekali tidak ada dan tidak atau belum tercantum di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 

Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari arti kata viral di KBBI, karena kata viral sendiri belum masuk atau belum resmi diserap ke dalam bahasa indonesia.

2. Arti kata viral jika diterjemahkan di google translate
Di google translate atau google terjemahan. Kata viral, jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Memiliki arti “Virus”.

3. Arti kata viral di dalam kamus bahasa Inggris
Di dalam kamus bahasa inggris google. Kata viral memiliki 2 makna. Yakni “of the nature of, caused by, or relating to a virus or viruses” dan juga “relating to or involving an image, video, piece of information, etc., that is circulated rapidly and widely from one Internet user to another”.

Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, ke dua makna viral yang tersebut diatas memiliki arti. “Sifat virus, Sesuatu yang berhubungan dengan hal yang disebabkan oleh virus, atau sesuatu yang berhubungan dengan virus”. 

Dan juga, “Berkaitan dengan atau melibatkan gambar, video, informasi, dll. Yang beredar dengan cepat dan meluas dari satu pengguna internet ke pengguna internet lain nya”.

Ya, begitulah pengertian kata viral di dalam kamus bahasa inggris. Dalam kasus ini, saya melihat informasi ini di google. Dengan mengetikkan keyword “Viral mean”. Dan, jreng jreng, kamus bahasa inggris dari google pun akan muncul.

4. Arti kata viral di dalam dunia pemasaran atau dunia marketing
Viral di dalam dunia marketing atau pemasaran memiliki arti, “sesuatu atau segala metode yang digunakan untuk mengenalkan berbagai produk perusahaan ke masyarakat luas”. Bagaimana cara mengenalkan nya ?. 

Mengenalkan suatu produk melalui media internet , media elektronik (misal iklan di tv), dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya. Yang penting memiliki nilai jual yang unik dan berbeda dengan yang lain nya, sehingga iklan pemasaran suatu produk menjadi cepat meluas dan dapat diterima semua kalangan masyarakat. 

Metode pemasaran dapat menggunakan cara yang unik, maupun dengan berbagai skandal yang ditujukan untuk diketahui masyrakat luas.

#Contoh viral marketing:
  1. Lagu si “a” katanya ada penampakan hantu di dalam video klipnya. (Dengan penyebaran status ini, maka masyarakat luas, para netizen dan anak dumay lain nya akan berlomba-lomba untuk menonton video klip lagu yang katanya ada penampakan hantunya. Sehingga lagu tersebut menjadi terkenal di masyarakat).
  2. Lihat nih, ada video balapan liar, si anu pakai motor anu. Terus dia jatuh dan motornya baik-baik saja. (Dengan menyebarnya status dan video ini, maka pamor motor yang dipakai pembalap liar itu pun akan naik dan terkenal di masyarakat luas).
  3. Eh lu sudah maen game ini belum ?. Katanya ni game bisa nebak nama lu dan tempat tinggal lu. Trus ane coba maen game nya. Kampret, gamenya crash di tengah jalan. Mana lagi serem-seremnya lagi. (Dengan status seperti ini, seseorang akan menjadi penasaran dan mencoba untuk memainkan game yang dimaksud si pembuat status).
5. Arti kata viral di internet, di sosmed (sosial media), dan di dumay (dunia maya)
Dari berbagai penjelasan diatas sudah dapat ditarik garis besarnya. Kata viral di dunia maya ditujukan kepada setiap status, gambar, foto, video, dan segala informasi lain nya yang menyebar dengan cepat dan meluas, 

Dari satu pengguna sosmed (internet) ke pengguna sosmed (internet) lain nya. Sehingga informasi yang viral tersebut banyak diketahui masyarakat luas, dan banyak menjadi topik perbincangan oleh para netizen atau warganet di dunia maya.

Contoh sesuatu yang viral di dunia maya seperti status dan meme mantap jiwa, kids jaman now, generasi micin, dan lain sebagainya. Atau juga berbagai lagu, video dan skandal lain nya yang banyak menjadi topik perbincangan para netizen di dumay.

6. Arti viral dalam dunia sains dan kesehatan
Viral di dalam dunia sains dan kesehatan berhubungan dengan virus. Baik itu berupa sifat-sifat virus, dampak yang ditimbulkan oleh virus, dan juga segala sesuatu yang berkaitan dengan virus tersebut.

Misalnya seperti nama virus anu, penyebaran virus anu, struktur RNA virus anu, dampak yang ditimbulkan oleh virus anu, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit banyak mengenai apa itu viral, arti dan pengertian dari kata viral dari berbagai sisi. Baik itu arti kata viral di dalam kamus bahasa, di dalam dunia kesehatan, dalam dunia usaha dan juga tentunya di dunia maya / internet. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung diblog ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar