Mengenal Apa itu Moody? Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengenal Apa itu Moody? Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya
Mengenal Apa itu Moody? Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya
Apa itu Moody
Mengenal Apa itu Moody? Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya - Moody. Kata yang satu ini rasanya sering ditujukan kepada teman atau orang yang mudah sekali berubah suasana hatinya. Konon katanya moody merupakan bahasa gaul, namun benarkah demikian ?. Apakah moody Cuma bahasa inggris saja, yang sering diucapkan oleh anak-anak remaja yang katanya kekinian ?. Atau mungkin moody ini merupakan bahasa anak ghoul. Atau mungkin sejenis burung woodpecker ?. Ah sudahlah, daripada anda makin bingung, simak saja penjelasan nya dibawah ini. 

Apa itu moody ?

“Moody” berasal dari kata “mood” di dalam bahasa inggris. “Mood” jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah “suasana hati, keadaan jiwa, keadaan hati, keadaan pikiran” (via : google translate). 

Sedangkan kata “Moody” jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia Memiliki arti “Murung, muram, atau yang berubah suasana hatinya” (via : google translate).

Moody dalam kamus bahasa inggris google, memiliki makna “(of a person) given to unpredictable changes of mood, especially sudden bouts of gloominess or sullenness”. 

Jika diterjemahkan, maka moody memiliki makna “(Seseorang) yang memiliki perubahan suasana hati yang tidak terduga, terutama kesedihan dan kejengkelan.”

Seperti yang sudah diterangkan diatas. Pengertian moody jika dijabarkan adalah “Seseorang yang memiliki suasana hati / pikiran (emosi) yang mudah berubah-ubah, kadang sedih, kadang juga menjadi senang”. 

Orang yang memiliki kepribadian yang moody memiliki suasana hati yang mudah berubah, mereka memiliki perasaan yang labil, Mudah tersinggung dan juga sensitif. Entah karena suatu penyebab yang jelas ataupun tidak, orang yang moody dapat berubah perasaan atau emosinya. 

Semua tindak-tanduk dan perkataan mereka didasari oleh mood / suasana hati yang sedang mereka alami.

#Sifat / pribadi Moody dalam dunia psikologi
Sifat Moody dapat juga diturunkan dari orang tua (gen). Namun kebanyakan merupakan sifat hasil bentukan lingkungan tempat mereka (orang moody) tinggal. Sifat moody menandakan adanya kekacauan pikiran dalam diri seseorang. 

Dalam dunia psikologi disebut juga sebagai Mood disorder. Mood disorder merupakan gejala kacaunya atau ketidak beraturan nya suasana hati seseorang. Gejala mood disorder tersebut, menandakan seseorang yang memiliki pribadi moody sedang mengalami depresi ringan. 

Jika tidak segera diatasi, takutnya akan menjadi parah dan malah menjadi Bipolar.

Bipolar disorder adalah suatu penyakit mental yang membuat mood atau suasana hati seseorang berubah dengan sangat cepat. Kadang sedih sangat mendalam (depresi) dan juga kadang menjadi sangat senang (mania), perubahan emosi tersebut dapat berubah dengan cepat (mood swing), tanpa sebab yang jelas. 

Mereka dapat saja tiba-tiba menangis dan merasa sangat sedih. Kemudian tertawa karena tiba-tiba merasa senang. Ya, bisa dibilang mirip kuntilanak lah. Serem.

Namun bagi anda yang memiliki sifat moody tidak perlu khawatir, hal yang tersebut diatas merupakan kemungkinan terburuknya saja. Selebihnya, sifat moody memang karena pengaruh perubahan dan ketidak seimbangan hormon, misalnya pada masa pubertas dan pada saat pms. 

Ketidak seimbangan hormon membuat suasana hati orang menjadi mudah berubah dan juga menjadi sangat labil. Ketika dewasa, hal tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Jika anda seorang introvert, anda mungkin akan lebih sering menjadi pribadi yang moody. Karena memang kebanyakan orang introvert, bergerak sesuai apa yang ada di dalam hati dan pikiran mereka sendiri.

Jika anda sering mengalami stres, banyak beban pikiran, dan memiliki sifat moody. Berarti anda sedang mengalami depresi ringan. Segera saja konsultasikan kesehatan anda kepada dokter atau psikolog yang terkait. Agar suasana hati anda segera membaik.

#Ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian yang moody
Orang yang moody memiliki sifat dan karakter yang mudah sekali ditebak. Karena memang mereka bergerak dan berkata sesuai mood yang sedang mereka hadapi. Lebih detilnya tentang ciri orang yang moody ada dibawah ini.

1. Bertindak dan berkata sesuai mood (suasana hati)
Orang yang moodyan, memiliki ciri yang mudah ditebak. Saat ia sedang bad mood, ia akan sangat mudah sekali marah dan jengkel apabila diganggu. Walaupun hanya bercengkrama dan berkata tentang hal yang sepele saja. 

Namun, ketika ia sedang good mood, maka ia akan melupakan semua apa yang terjadi tadi (kejadian buruk saat bad mood), dan mereka mudah sekali tertawa atau tersenyum (senang) walaupun hanya dengan hal yang biasa saja.

2. Sensitif
Orang yang moodyan, memiliki sifat yang sangat sensitif. Mereka mudah sekali triggered, mudah sekali terpicu. Mereka akan sangat tanggap dengan hal yang sepele sekalipun. Saat ia sedang bad mood, tidak peduli kawan atau lawan, keluarga atau teman, semuanya di musuhi. 

Dalam artian, dalam gaya bicara dan tindak tanduk mereka akan berubah menjadi negatif, misalnya menjadi judes, pemarah dan kasar. Senggol sedikit langsung bacok.

3. Cepat bosan
Orang yang moodyan, cepat sekali merasa bete atau bosan. Mereka mudah sekali berubah moodnya. Mungkin saat melakukan hal yang disenanginya, tiba-tiba mereka merasa bosan. Dan berhenti begitu saja. Saat mereka berubah menjadi good mood, apa yang tidak mereka sukai pun akan menjadi terlihat menarik.

4. Egois
Orang yang moodyan, bertindak sesuai kondisi hatinya. Jadi ia memilih melakukan apa kata hati, daripada apa kata orang disekitarnya. Karena segala perkataan dan tindak tanduknya berdasarkan mood yang sedang dihadapinya. 

Jadi mereka lebih sering menjadi egois, Dan mementingkan kepentingan pribadinya daripada kepentingan orang banyak.

Ya begitulah sedikit ciri orang yang memiliki sifat yang moody. Jika anda memiliki ciri diatas, walaupun hanya sebatas poin A saja, maka anda sudah termasuk orang yang moody.

#Penyebab pribadi / sifat moody
Orang yang moody, tidak ujug-ujug langsung jadi begitu saja, pasti ada penyebabnya. Nah, berikut beberapa penyebab orang menjadi pribadi yang moody.

A. Faktor keturunan
Orang yang memiliki orang tua yang moody, dapat memiliki anak yang moody juga. Sama halnya dengan kepribadian introvert dan ekstrovert. Semuanya, dapat di wariskan dari gen kedua orang tua atau kakek nenek anda.

B. Faktor lingkungan
Lingkungan yang dapat menyebabkan seseorang menjadi tertekan, dapat memicu seseorang untuk menjadi stres dan juga depresi. Orang yang depresi dapat menjadi sangat sedih dan merasa dirinya tidak berguna. 

Dari rasa stres juga dapat membuat orang mudah marah dan jengkel. Mereka berupaya menghilangkan stres dan depresinya dengan berupaya menyenangkan dirinya. Akibatnya lingkaran tekanan mental tersebut dapat membuat emosi seseorang menjadi kacau balau. 

Dan jika dalam jangka panjang tidak segera diatasi, dapat menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang moody.

C. Pengaruh hormon
Ketidak seimbangan hormon, khususnya pada masa pubertas dan juga menstruasi. Dapat membuat mood seseorang mudah berubah dan kacau. Sehingga membuat orang menjadi mudah berubah suasana hatinya. Pada akhirnya mereka menjadi moody.

#Cara mengatasi dan bergaul dengan orang yang moody
Jika anda memiliki teman yang moodyan, sebaiknya anda menghindari menyinggung masalah yang sensitif, dan juga jangan bercanda terlalu kasar. Kenali ekspresi teman anda, jika menunjukkan gejala bad mood, segera hindari membuat masalah dengan nya. 

Jika ia sedang good mood, jangan sungkan-sungkan untuk bercanda dan have fun dengan dirinya. Tentunya kita harus dapat menyesuaikan kondisi dan situasinya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena memang, orang yang moody, memiliki perasaan yang sensitif dan emosional.


#Cara mengatasi sifat moody pada diri sendiri
Bagi anda yang moodyan, sebaiknya lakukanlah langkah-langkah dibawah ini. Agar anda tidak merugikan diri sendiri dan orang lain karena perilaku anda sendiri.

1. Hindari stres dan juga kecapekan
Jika anda seseorang yang moody, maka jangan sering-sering capek dan juga stres. Karena hal tersebut dapat memperburuk sifat moody anda. Perbanyaklah istirahat dan juga menenangkan diri anda sendiri. 

Agar anda lebih sering menjadi good mood daripada menjadi bad mood. Apalagi jika anda sering begadang, hal tersebut dapat memperparah kondisi fisik dan mental anda. Sehingga anda akan menjadi lebih sering marah-marah.

2. Pahami kondisi anda
Jika anda sedang bad mood. Segeralah menjauh dari keramaian, tenangkan diri anda terlebih dahulu. Agar anda tidak mudah berkata yang aneh-aneh kepada orang lain atau teman dan keluarga anda sendiri. Jika anda sudah merasa agak baikan, segera lanjutkan ativitas anda kembali.

3. Relaksasi
Perbanyaklah menenangkan diri anda, nikmati hidup anda, dan sejenak lupakan semua masalah yang ada. Jalankan hobi anda, kerjakan apa yang anda suka. Tentunya masih dalam artian yang positif, agar mood anda dapat membaik dan dapat segera menekan bad mood anda. Sehingga anda menjadi pribadi yang ceria, daipada menjadi pribadi yang suram dan terlihat galau terus.

4. Perbanyak beribadah
Bukan tidak mungkin, sifat moody anda karena jiwa dan mental anda sedang terganggu. Perbanyaklah beribadah dan berdoa kepada tuhan agar hati anda dikuatkan dan tidak mudah terbolak-balik. Agar anda menjadi tenang dan terhindar dari segala gangguan yang ada. bisa jadi, sifat moody anda karena adanya jin yang sedang nangkring didalam tubuh anda, 

Ya, mungkin saya rasa begitu saja. Untuk cara lengkapnya, anda mungkin dapat bertanya pada hati kecil anda sendiri. Mengapa kok saya mudah sekali menjadi sedih, mengapa emosi saya cepat berubah, dan lain sebagainya.

Kata moody bukanlah merupakan bahasa gaul, sama dengan single. Kata moody merupakan istilah dalam bahasa inggris yang sering dan umum di ucapkan di negara yang mayoritas penduduknya memakai bahasa inggris. Hanya saja di indonesia, kata mood, moody digunakan untuk memudahkan pengucapan istilahnya saja. Sama dengan jomblo dan juga single.

Sifat atau pribadi moody dapat menjadi parah jika tidak segera diatasi. Namun jangan khawatir, jika anda masih remaja dan juga sedang mens atau hamil, hal itu wajar bagi anda. Karena pengaruh ketidak seimbangan hormon. Karena hal tersebut dapat membuat mood anda menjadi kacau dan agak terganggu.

Bagi anda yang introvert, carilah teman, walaupun sedikit. Yang penting anda terhindar dari kesepian dan juga stres. Agar pribadi anda menjadi lebih baik, dan sifat moody anda dapat ditekan.

Bagi yang lain, hindari stres dan juga depresi. Perbanyak istirahat dan relaksasi, agar hidup anda menjadi tenang dan menjadi lebih baik. Perbanyak ibadah, agar anda terhindar dari gangguan jin (setan) yang berupaya mengganggu hidup anda.

#Referensi
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Gangguan_bipolar

Demikian informasi tentang apa itu moody beserta penyebab dan cara mengatasinya ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar