Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai

Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai - selamat datang kembali sobat b38, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi lagi, yah siapa tau ada yang nyasar menemukan  blog sederhana ini, artikel kali ini membahas tentang apa itu web server, fungsi dari web server dan jenis-jenis web server. Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia pemrograman sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya web server ini, namun bagi kamu yang belum mengetahuinya, dibawah ini admin akan sedikit memberikan pembahasan mengenai web server ini, selamat membaca sob.

Pengertian dan Fungsi Web Server


Bagi seorang programer, ketika membuat sebuah program atau aplikasi seperti bahasa pemrograman PHP, sudah pasti membutuhkan web server ini, nah apa sih sebenarnya web server itu?


Web server adalah sebuah perangkat lunak server yang bertugas dan berfungsi sebagai penerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang lebih dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya kita kenal berbentuk sebuah dokumen HTML. Kira-kira bentuk ilustrasi seperti gambar dibawah ini sob :

Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai

Jenis-jenis Web Server

Setelah kamu membaca serta memahami tentang fungsi dan pengertian web server diatas, sekarang admin akan menjelaskan beberapa jenis web server yang terkenal. Jenis-jenis web server tersebut seperti : Apache Web Server, Apache Tomcat, IIS, Jigsaw, Sun Java System Web Server, Xitami Web Server, Zerus Web Server.


Namun diantara jenis server yang terkenal tadi, dibawah ini admin hanya akan menjelaskan sebagian dari web server yang sering dan umum digunakan,  cekidot sob :

1. Apache Web Server


Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
Apache (Server HTTP Apache atau Server Web / WWW Apache) adalah web server yang dapat dijalankan di banya sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Windows, Novell Netware serta platform lainnya), aplikasi ini berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP. Dengan apache kamu dapat membangun server pribadi untuk membuat website.

2. IIS (Internet Information Service)


Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
IIS (Internet Information Service) adalah sebuah HTTP web server yang digunakan oleh sistem operasi Windows Server, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server versi terbaru. Layanan ini mrupakan layanan yang terintegrasi atau sebagai add-on. Berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi pondasi dari platform internet dan intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft Back Office lainnya.

3. Apache Tomcat


Mengenal Jenis-jenis Web Server Yang Sering Dipakai
Apache Tomcat merupakan servlet atau JSP Container yang dibuat oleh Apache Software Foundation. Container ini bisa dibilang merupakan server untuk membaca bahasa pemrograman web JSP atau Java Server Pages.

Jika bahasa pemrograman web PHP menggunakan Apache sebagai service servernya, jika menggunakan JSP (Java Server Pages) maka Tomcat ini sebagai service servernya.

Kiranya demikian sedikit pembahasan tentang mengenal jenis web server yang umum dipakai ini, mohon maaf apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, cukup sekian semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar