Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak - selamat datang kepada sobat yang kebetulan nyasar di blog sederhana ini, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba sedikit berbagi pengalaman yang dirasakan selama admin menggunakan salah satu aplikasi ecommerce yaitu Bukalapak. Siapa sih yang tidak pernah mendengar aplikasi jual beli online shop Bukalapak ini?, hampir semua orang pasti mendengar bahkan menggunakannya, seperti admin sendiri.

Artikel yang admin buat kali ini, lebih ditujukan kepada hanya ingin berbagi pengalaman ketika memakai aplikasi Bukalapak sebagai penjual bukan sebagai pembeli ya sob,

Jika dibilang admin mereview aplikasi bukalapak, itu sangat salah besar ya sob, hehe.., kenapa?, karena kapasitas admin bukan sebagai sistem analis dari sebuah aplikasi, tetapi hanya sebagai user atau pemakai aplikasi saja ya sob. 

Hampir 3 tahun admin telah memakai aplikasi online shop bukalapak ini, dan cukup lumayan merasakan pengalaman yang dirasakan, baik itu senang maupun sedih.

Namun admin kali ini tidak akan bercerita tentang pengalaman senang atau sedihnya ya sob, tapi beberapa kelebihan dan kekurangan ketika memakai aplikasi Bukalapak,

Jika kamu ingin tahu, silahkan dibaca sampai selesai artikel dibawah ini ya....

Sekedar informasi, admin menggunakan salah satu akun Bukalapak yang baru, dikarenakan admin memiliki beberapa akun di Bukalapak. Dan, InsyaAllah pada kesempatan selanjutnya admin juga akan berbagi pengalaman untuk aplikasi ecommerce lainnya, jadi tunggu pada artikel selanjutnya. 

Pengalaman memakai aplikasi bukalapak : 

1. Spesifikasi smartphone

Spesifikasi minimal smartphone untuk dapat menginstal aplikasi Bukalapak ini adalah, sobat harus memiliki smartphone dengan minimal :
  • RAM 2 GB, 
  • Processor 4 Core 1.4
  • ROM 16 GB
  • Android Versi 5.0 
Disarankan sobat memiliki spesifikasi diatasnya agar aplikasi berjalan lebih baik, karena akan berpengaruh kepada loading atau kecepatan dari aplikasi Bukalapak ini,

Jika smartphone sobat memenuhi spesifikasi diatas loading sudah cukup lumayan cepat, tergantung koneksi atau sinyal juga ya sob, tapi selama ini dengan spesifikasi tersebut admin tidak pernah mengalami kendala apapun alias lancar jaya ketika menggunakan aplikasi Bukalapak.  

2. Cara upload barang di bukalapak

Cara mengupload barang yang akan di jual di Bukalapak. Disini menurut admin aplikasi Bukalapak memiliki kelebihan dari pada aplikasi ecommerce lainnya, apa itu? ,

Di Bukalapak kamu dapat mengupload beberapa barang sekaligus, jadi tidak perlu satu persatu, yang bisa dikatakan cukup merepotkan bagi si penjual jika yang barang yang dijual memiliki beberapa jenis atau variasi, untuk lebih jelasnya silahkan disimak gambar dibawah ini :

Masuk menu profil, kemudian sentuh Jual Barang

upload barang di bukalapak

Lalu akan keluar menu, dari mana sobat akan mengambil foto atau gambar barang yang akan dijual, seperti tampak dibawah ini :

upload barang di bukalapak
Disini admin mengambil foto barang dari galeri, bisa dilihat dibawah ini, sobat dapat memilih beberapa gambar langsung, lebih dari satu, 

Yang pastinya akan mempermudah dan menghemat waktu, karena tidak perlu melakukan proses diatas secara berulang-ulang.

upload barang di bukalapak

Setelah gambar dipilih, sentuh simpan, seperti gambar dibawah ini :

upload barang di bukalapak

3. Memberi deskripsi produk di Bukalapak

Setelah proses upload barang selesai, saat sobat memberikan deskripsi atau keterangan barang yang akan dijual, seperti :

Nama Barang : 
Disini kita tidak bisa menggunakan karakter spesial seperti garis miring, koma, atau kurung, yang pastinya nama barang akan panjang, dan tidak flexible,

Contoh : biasanya admin memberi nama barang dengan : Baju kaos cowok / Kaos cowok murah, jadi sobat harus menulis tanpa garis miring, tidak seperti aplikasi lainnya.

upload barang di bukalapak

Kategori barang :
Disini sobat bisa memilih kategori barang yang akan dijual, menurut admin lumayan lengkap, namun terkadang kita harus mengisikan dua tipe ukuran, padahal barang yang dijual memiliki satu ukuran saja,

Seperti contoh dibawah ini, admin menjual rok, yang sebenarnya memiliki satu ukuran yaitu nomor, tetapi kita wajib juga mengisi ukuran yang bukan nomor, disini sobat harus kreatif, hehehe.....

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Terdapat dua type ukuran , yang seharusnya, cukup satu saja, tapi disini kita wajib mengisikan ukurannya,  beda merk atau brand juga berbeda standar ukurannya, dan juga terkadang orang lebih menanyakan ukuran angka atau nomor untuk jenis barang seperti rok. 

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak


Untuk deskripsi sobat harus memberikan minimal terdiri dari 30 kata , jika kurang dari itu tidak bisa. 

4. Cara edit barang yang sudah diupload di Bukalapak
Untuk merubah deskripsi produk yang sudah diupload di bukalapak sangat mudah dilakukan, misalnya merubah nama, harga, atau menghapus barang secara massal, seperti nampak gambar dibawah ini, 

Sentuh Lapak Saya di menu profil sobat, kemudian geser kebawah sampai menemukan Barang Lapak, lalu sentuh Barang Dijual , perhatikan gambar dibawah ini : 

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Maka akan keluar semua daftar produk yang sobat jual di Bukalapak, seperti tampak gambar dibawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Kemudian silahkan pilih barang yang akan dirubah keterangannya, misal dibawah ini admin akan merubah keterangan salah satu produk baju yang admin jual : 

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Jika sobat ingin menghapus, memberi diskon, merubah label, atau mengatur tidak menjual barang tertentu karena stok habis, sobat hanya cukup sentuh titik tiga disebelah kanan, seperti tampak dibawah ini : 

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak


5. Sistem feedback untuk reputasi toko di bukalapak

Point yang paling penting ketika sobat ingin berbelanja di bukalapak adalah dengan melihat reputasi dari sebuah toko, apakah memiliki reputasi baik atau buruk, 

Jika sobat pernah berbelanja di ecommerce selain bukalapak, biasanya reputasi baik sebuah toko akan ditandai dengan bintang atau point, namun berbeda di bukalapak, disini sobat harus melihat feedback yang didapat dari sebuah toko,

Semakin banyak feedback maka semakin baik reputasi atau kualitas toko tersebut di bukalapak, seperti nampak pada gambar akun baru admin dibawah ini :


Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak
Pada gambar diatas, toko yang admin miliki di bukalapak, memiliki 27 feedback yang artinya telah sukses melakukan penjualan sebanyak 27 barang.

Perlu diketahui, persentase feedback pedagang akan berkurang jika sobat membatalkan transaksi yang telah dibayar atau diproses oleh pembeli, jadi pastikan terlebih dahulu kepada pelanggan sobat untuk selalu menanyakan stok terlebih dahulu sebelum order.

Sayang sekali bukan ?, jika toko yang sobat miliki di Bukalapak persentase feedback berkurang karena hal tersebut.

Sobat juga bisa melihat secara detail feedback yang diberikan oleh pembeli, seperti tampak dibawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapak

Kiranya demikian artikel tentang berbagi pengalaman menggunakan aplikasi bukalapak ini, mohon maaf apabila ada salah kata maupun terdapat kekurangan di artikel ini. 

Setiap aplikasi yang dibuat pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan, namun tidak menutup kemungkinan kekurangan yang dimiliki adalah bukan menjadi kelemahan namun justru menjadi ciri khas tersendiri dari aplikasi tersebut. Cukup sekian dari admin semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar