Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia
Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia
Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia
Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia - tokopedia, siapa sih yang tidak pernah mendengar salah satu market place dan website pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Sekedar informasi Tokopedia didirikan pada tahun 2009 tepat pada hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus.

Didirikan oleh dua orang asli Indonesia, yang bernama Leotinus Alpha Edison dan Willian Tanuwijaya, sejak awal berdiri Tokopedia diberi modal oleh PT Indonusa Dwitama sebesar 2,5 Miliar.

6 bulan setelah berdiri sudah memiliki 23000 anggota yang aktif, sebanyak 2500 toko online yang terdaftar serta 42000 barang yang ditawarkan, dan memiliki total transaksi sebesar 1 Miliar pada 6 bulan pertama.

Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi pengalaman selama menggunakan aplikasi Tokopedia sebagai penjual kepada sobat,  hampir 4 tahun admin memakai aplikasi ini untuk berjualan online selain di facebook.

Dari beberapa aplikasi jual beli online yang pernah admin gunakan, aplikasi Tokopedia lah yang menurut admin sangat mudah digunakan, walaupun kita seorang awam yang baru saja belajar menggunakan smartphone.

Baik sobat sebelum admin memulai, ada baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu handphone atau smartphone seperti apa yang bagus dan nyaman digunakan untuk jual beli online menggunakan aplikasi Tokopedia ini.

Berikut spesifikasi minimal handphone untuk aplikasi Tokopedia agar aplikasi berjalan lancar, loading cepat dan tanpa kendala.

Spek minimal HP untuk instal aplikasi Tokopedia :

  • Android Versi 5.0
  • Memiliki Processor minimal Octa Core (4 Core)
  • RAM 2 Gb
  • ROM 16 Gb
  • Jaringan 3G/4G lebih baik

Setelah sobat mengetahui spesifikasi smartphone yang baik untuk aplikasi Tokopedia, dibawah ini adalah beberapa ulasan admin selama memakai aplikasi Tokopedia, sekaligus sedikit tutorial menggunakannya.

Sekedar info, admin menggunakan akun Tokopedia yang baru, karena admin juga memiliki beberapa akun di Tokopedia.

Pengalaman menggunakan Tokopedia

1. Cara upload barang di Tokopedia :
Pertama silahkan sobat login terlebih dahulu, kemudian sentuh menu yang berbentuk baris di pojok atas sebelah kiri perhatikan gambar dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Kemudian geser kebawah sampai menemukan pilihan Tambah Produk, tapi admin biasa mengupload barang melalui menu Daftar Produk, karena sobat bisa memantau barang yang di upload, perhatikan gambar dibawah ini

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Setelah keluar menu Daftar Produk, sobat bisa langsung menambahkan produk yang akan di jual, dengan menyentuh tanda plus ( + ) disebelah kanan bawah, seperti tampak pada gambar dibawah ini : 

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Seperti biasanya sobat dapat mengambil gambar produk yang akan dijual dari beberapa sumber seperti Instagram, Galery dan Kamera, seperti tampak gambar dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Dibawah ini admin memberi contoh mengambil foto barang yang akan di jual dari Galery, silahkan pilih foto barang yang akan dijual.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia
Berbeda dengan aplikasi ecommerce lainnya, disini sobat harus memasukkan gambar atau foto satu persatu tidak bisa langsung beberapa gambar atau foto sekaligus, jadi sobat harus sentuh Tambah Gambar untuk mengupload foto berikutnya. 

Sobat dapat membaca artikel admin yang lalu, tentang Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Bukalapakuntuk lebih lengkapnya.

Lakukan hal yang sama beberapa kali untuk satu produk yang memiliki beberapa jenis, jika ada 3 gambar berarti sobat melakukannya tiga kali.

2. Memberi Deskripsi atau Keterangan Produk di Tokopedia :

Setelah sobat berhasil mengunggah foto produk, saatnya sobat memberi keterangan untuk produk yang akan sobat jual, 
Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Di aplikasi Tokopedia ini, yang menurut admin paling mudah ketika proses memberikan keterangan atau deskripsi sebuah produk, sobat dapat mengisi keterangan seperti harga, berat, minimal pembelian, mengatur stok, keterangan produk dan lain sebagainya.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Perlu diketahui, deskripsi produk di Tokopedia tidak dibatasi jumlah katanya, jadi terserah sobat yang penting harus diisi, kemudian sentuh tombol Simpan jika proses upload selesai.

Berikutnya adalah proses merubah atau mengedit keterangan barang yang sudah sobat upload, biasanya yang paling kita rubah adalah Harga, dikarenakan terkadang naik atau turun.

Di Tokopedia proses ini juga sangat mudah dilakukan, perhatikan gambar dibawah ini :

Pertama sobat masuk menu Daftar Produk, perhatikan gambar dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Kemudian cari produk yang akan sobat rubah keterangannya dengan cara menyentuh icon gerigi di sebelah kanan, silahkan dilihat gambar dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia
Sobat dapat melihat beberapa menu seperti :
  1. Ubah yang artinya sobat akan dibawa masuk ke pengaturan lebih detail tentang barang yang akan dijual, 
  2. Duplikat, jika sobat memiliki produk yang sama, namun dengan harga atau keterangan yang berbeda, tidak perlu mengupload, cukup duplikat saja, 
  3. Hapus, menghapus produk
  4. Ganti Harga, sobat dapat langsung mengganti harga tanpa harus masuk di pengaturan barang secara detail
  5. Kemudian sobat juga dapat mengganti kategori, etalase dan asuransi, sesuai dengan produk yang dijual.

Gambar dibawah ini adalah proses merubah harga secara langsung :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

3. Cara menghapus produk secara massal di Tokopedia :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Sobat dapat menghapus beberapa atau secara massal produk yang sudah habis atau laku, dengan cara pilih produk yang akan dihapus kemudian sentuh dan tahan, lalu sentuh titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih hapus, perhatikan gambar diatas.

4. Di Tokopedia terdapat Etalase

Salah satu ciri khas yang dimiliki aplikasi Tokopedia adalah memiliki etalase, yang mana fungsinya adalah agar barang yang sobat jual lebih teratur dan mudah untuk mengelompokkannya, selain itu juga memudahkan pembeli yang akan mencari barang yang akan di beli, seperti gambar dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

5. Reputasi menggunakan sistem point dan bintang

Di aplikasi Tokopedia, reputasi toko itu baik atau jelek, dapat dilihat dari point dan bintang yang didapat di toko tersebut, seperti nampak dibawah ini :

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Sobat dapat melihat penilaian dan pemberian bintang serta ulasan positif atau negatif yang diberikan oleh pembeli ke toko yang sobat miliki di Tokopedia, 

Semakin banyak point dan bintang, apalagi sampai toko sobat memilik bintang emas, sudah pasti toko sobat sangat bagus dan sangat direkomendasikan oleh Tokopedia, jadi tidak perlu lagi jika akan berbelanja di toko tersebut.

Perlu diketahui, point akan berkurang ketika sobat menolak transaksi yang telah dibayar, bukan hanya itu, point juga akan berkurang jika sobat memiliki ulasan negatif, jika point berkurang bintang juga akan berkurang.

Cukup panjang artikel tentang pengalaman menggunakan aplikasi tokopedia ini, siapa tahu sobat memerlukannya, sebenarnya admin ingin membahas beberapa aplikasi jual beli online ini satu artikel tapi sudah pasti tidak lengkap, jadi admin menjadikannya satu artikel saja.

Kiranya demikian artikel ini, mohon maaf jika ada kekurangan, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk sobat, sekian dan terima kasih. 

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar