Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Benar

Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Benar
Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Benar
Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Benar
Tips Menjaga Kesehatan Mata Yang Baik dan Benar - halo sobat, selamat malam, kali ini admin seperti biasanya akan sedikit membagikan tips kesehatan yaitu bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat dengan baik dan benar. Mata adalah salah satu anugrah dan kenikmatan yang paling berharga yang diberikan oleh Allah SWT kepada mahluknya, karena dengan mata ini kita dapat melihat bagaimana indahnya dunia, untuk itu wajib bagi kita bersyukur dengan cara merawat mata yang kita miliki.

Apalagi pada pola hidup jaman now, dimana mata lebih sering digunakan dalam aktifitas sehari-hari secara berlebihan seperti bermain game atau bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, selain itu kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sering kita sadari justru akan merusak kesehatan mata, sadarkah kamu sob, dari tahun ke tahun orang yang menggunakan kacamata bertambah?. 

Tips menjaga kesehatan mata yang baik dan benar

Berikut dibawah ini adalah tips bagaimana menjaga kesehatan mata dan beberapa hal yang harus dihindari untuk menjaga mata kita agar selalu tetap sehat :

1. Selalu periksa mata setiap 6 bulan sekali
Masalah kesehatan mata yang tidak ditangani dengan baik dan benar, maka akan menyebabkan penyakit berkembang semakin parah, sebaiknya periksakan mata kamu minimal 6 bulan sekali, bukan hanya bagi kamu yang memiliki mata yang normal, pemeriksaan mata ini juga berlaku bagi kamu yang memiliki masalah penglihatan seperti mata minus, mata plus, atau mata silinder, karena kacamata atau kontak lensa bisa saja berubah, jika sudah tidak cocok lagi sebaiknya diganti.

2. Gunakan kacamata anti radiasi UV
Cuaca panas atau cuaca yang tidak menentu di jaman now ini juga dapat mengganggu kesehatan mata, sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata, gunakan kacamata yang dapat mencegah radiasi UV agar mata tetap sehat. Jika kamu ingin tetap tampil gaya dan keren, kamu dapat menggunakan kacamata hitam untuk tetap menjaga penampilan kamu sob.

3. Selalu minum vitamin dan nutrisi untuk mata
Mengetahui vitamin tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka selalu konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mata seperti sayuran hijau, ikan, telur, buah-buahan karena didalamnya mengandung vitamin A, C, E, Omega 3, Zinc dan lutein, yang mana jika nutrisi tersebut baik untuk tubuh, maka juga baik untuk mata, 

4. Gunakan cahaya yang cukup
Bekerja dengan cahaya yang kurang dapat menyebabak mata cepat lelah, begitu pula sebaliknya terlalu terang juga tidak baik untuk mata, arah datangnya cahaya yang terbaik jika bekerja adalah dari lampu meja belajar, yang memiliki cahaya yang lembut dari arah samping, jika kamu bekerja di depan komputer silahkan baca tips menjaga kesehatan mata saat bekerja di depan komputer

5. Istirahatkan mata 
Hampir semua orang merasakan amta mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan televisi atau didepan layar monitor, perlu diketahui hal tersebut disebabkan karena mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata kering. Satu hal yang bisa dilkukan adalah menutup mata kamu dan menghitung sampai 5 detik sebelum membukanya kembali, atau berpaling dari layar monitor dan dengan melihat pada sebuah obyek yang jauh, lakukan ini setiap 30 menit.

6. Gunakan softlens atau lensa kontak yang berkualitas
Tidak semua kontak lensa itu memiliki kualitas yang sama ya sob, sebelum memutuskan untuk memakainya ada baiknya kamu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya pada artikel yang telah saya buat beberapa waktu yang lalu yaitu : Softlens kelebihan dan kekurangannya

7. Hentikan kebiasaan merokok
Asap rokok yang mengandung racun jika masuk kedalam tubuh selain merusak kesehatan tubuh juga akan merusak kesehatan mata, karena asap rokok berpotensi mengalami katarak dan kerusakan syaraf pada mata.

8. Segera periksa ke dokter mata
Jangan anggap sepele jika kamu merasa tidak nyaman di mata kamu, segera periksakan mata kamu ke dokter spesialis jika kamu merasakan gatal, mata merah, bengkak, iritasi, penglihatan menjadi buram atau kabur, dan juga tiba-tiba sulit membedakan warna.

9. Kontrol berat badan
Menjaga berat badan sangat penting dilakukan, karena kebanyakan penyebab penyakit diabetes adalah salah satunya karena kelebihan berat badan, diabetes memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan mata karena dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan mata lainnya.

10. Tidur teratur
Tidur teratur akan membantu kondisi badan tetap prima dan fit, dan juga membantu mengistirahatkan mata kita yang telah di gunakan untuk bekerja seharian.

11. Hindari mengucek mata 
Ketika mata terasa gatal, secara reflek pasti kita akan mengucek, boleh saja, tapi jangan terlalu sering apalagi tangan kita yang kotor, mengucek mata dapat menyebabkan iritasi pada mata, seperti mata merah, pendarahan dan infeksi.

12. Jangan membaca di tempat gelap dan sambil tidur.
Membaca ditempat gelap atau kurang pencahayaan mata akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya yang masuk kedalam mata, 

Kiranya sekian tips menjaga kesehatan mata yang baik dan benar ini, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan, terima kasih semoga bermanfaat.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar