Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik

Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik
Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik
Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik
Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik - selamat sore sobat b38, kali ini admin akan sedikit berbagi cerita dan pengalaman yang terjadi di rumah admin tepatnya beberapa hari yang lalu, yaitu tentang modus penipuan yang berkedok berjualan alat penghemat listrik, dan mengatas namakan perusahaan swasta yang bekerja sama dengan PLN. Sebenarnya modus ini sudah lama terjadi, sejak boomingnya alat penghemat listrik beberapa tahun yang lalu, yang di klaim dapat menghemat listrik hingga 30%. Ternyata modus penjualan dengan penipuan ini masih saja dijalankan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin mencari keuntungan semata.



Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik
Sejak munculnya alat penghemat listrik ini, banyak kontroversi yang terjadi di kalangan masyarakat, seperti apakah benar alat penghemat listrik ini dapat benar-benar menghemat pemakaian listrik di rumah kita, sehingga tagihan juga tidak membengkak. Ada masyarakat yang percaya dan ada juga yang tidak mempercayainya dengan alasan tidak mungkin alat ini bisa menghemat, karena jika terbukti maka PLN sudah pasti akan protes.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat yang percaya mungkin karena tidak mengerti cara kerja alat tersebut, dan yang tidak percaya mungkin sudah mengerti cara kerja alat penghemat listrik ini. 

Beberapa pengalaman dari tetangga, teman, saudara dan orang-orang yang pernah memakai alat penghemat listrik ini, ternyata tidak seperti yang di iklankan, yaitu kita dapat berhemat listrik sampai 30%, bisa dibilang sekitar 10% saja, yang bisa dibilang alat ini tidak begitu membantu, karena tagihan listrik yang dibayarkan masih saja tetap membengkak. 

Bagaimana sih cara kerja alat penghemat listrik ini?

Sebenarnya didalam alat penghemat listrik tersebut terdapat kapasitor, yang mana fungsinya adalah untuk menyimpan tegangan listrik agar tidak terjadi kejutan listrik yang besar ketika akan menyalakan alat elektronik. Contoh jika kita akan menyalakan kipas angin, pada saat pertama kali kipas dinyalakan, kipas akan memerlukan tegangan yang tinggi, sehingga memerlukan banyak daya listrik, di dalam kipas sendiri sebenarnya sudah ada kapasitor, yang dapat membuat kipas berputar secara stabil, jika tidak ada kapasitor, maka saat kipas dinyalakan pertama kali putarannya akan pelan, dan beberapa detik kemudian stabil, pastinya proses ini akan mengambil daya listrik lebih.

Singkat kata alat penghemat listrik ini sebenarnya memiliki fungsi hampir mirip stabiliser, yang dapat menahan kejutan lisrik pada alat elektronik yang akan dinyalakan, jadi listrik tetap stabil dan tidak naik turun pada putarannya.

Keputusan mau memakai atau tidak alat penghemat listrik ini sepenuhnya ada pada kamu ya sob.

Lalu bagaimana sih cara menghemat listik?

Tagihan listrik membengkak, sebenarnya itu dikarenakan dari cara kita menggunakannya, dibawah ini beberapa tips cara menghemat listrik : 
  1. Pakailah listrik seperlunya, seperti matikan lampu dan alat-alat eletronik laiinya jika tidak diperlukan,  
  2. Turunkan daya, jika kamu hanya membutuhkan listrik sedikit, pakailah yang 450W atau 900W, 
  3. Ganti peralatan elektronik yang hemat energi, seperti lampu LED, TV LCD / LED
  4. Ganti kabel dengan NYA 2.5mm, atau type kabel NYM dan NYY, karena semakin besar kabel maka panas yang ditimbulkan lebih sedikit.
Kembali ke topik awal, dibawah ini adalah bukti modus penipuan yang berkedok berjualan alat penghemat listrik, yang mengaku perusahaan yang bekerja sama dengan PLN.

Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik

Waspada Modus Penipuan Alat Penghemat Listrik

Menunjukkan surat yang berisi bahwa rumah kita terpilih dari beberapa orang yang berhak mendapat alat penghemat listrik ini, yang harganya Rp. 999.900 mendapat subsidi dan hanya membayar Rp. 349.900 saja. (Surat diatas sengaja saya kecilkan resolusinya agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab).

Alhamdulillah, admin tidak membeli alat tersebut, namun beberapa orang tetangga tertipu, karena memang admin tinggal di desa yang kebanyakan masyarakatnya adalah orang awam.

Dari pengalaman dan cerita admin diatas, waspadalah dan lebih berhati-hati, jika ada orang yang mengaku datang dari pihak PLN dan menawarkan alat penghemat listrik seperti yang diceritakan diatas, karena PLN menyatakan tidak pernah bekerja sama dengan perusahaan manapun yang menjual alat penghemat listrik ini. Segera laporkan kepada pihak berwajib jika orang tersebut memaksa.

Sekian info dan pengalaman admin, lebih waspada modus penipuan alat penghemat listrik ini, semoga memberikan informasi dan bermanfaat bagi kamu semua, silahkan bagikan artikel ini, mungkin bukan Anda yang membutuhkan, tapi siapa tau orang lain yang membutuhkan, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar