Mengenal Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging

Mengenal Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging
Mengenal Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging
Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging
Mengenal Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging - Blog sudah tidak asing lagi bagi kita yang setiap harinya berkutat di dunia maya. Setiap hari kita mencari berbagai informasi di google, dan pada akhirnya kita akan menemui berbagai artikel dan informasi yang kita cari di berbagai postingan blog. Tidak hanya informasi yang bermanfaat saja, banyak juga informasi hoax dan informasi nyeleneh lain nya yang beredar luas di internet. salah satu penyebarnya ya tidak lain dan tidak bukan adalah para blogger yang iseng dan sedang tidak ada kerjaan. 

Nah, dari sedikit basa-basi yang tersebut diatas, tentunya anda sudah sedikit banyak mendapat gambaran tentang pengertian dari blog. Jika belum, simak saja penjelasan nya di bawah ini.

Apa itu Blog Blogger Ngeblog dan Blogging?

1. Apa itu blog?
Sebenarnya banyak yang menyimpulkan dan menyatakan bahwa, blog merupakan singkatan dari kata web log. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, kurang lebih web log memiliki terjemahan catatan web.

Nah, catatan apa yang dimaksud ?. Tentunya berbagai catatan yang dipublish atau disebar dan ditebarkan di dunia maya / internet. Baik catatan tersebut berupa catatan harian (diary), maupun catatan yang mengandung unsur ilmu pengetahuan dan jurnalistik.

Pada dasarnya, blog merupakan suatu situs yang berisi atau memiliki mayoritas konten berupa catatan (teks) yang di update secara berkala di dalam berbagai kategori tertentu. Dan kemudian diterbitkan di internet atau dunia maya, untuk dilihat dan disebarkan di masyarakat luas. 

Blog dapat dikelola oleh 1 individu atau perorangan dan juga oleh kelompok / tim yang mengurus blog.

Konten di dalam situs / website yang dapat disebut sebagai blog, sebagian besar diisi oleh teks, artikel atau catatan yang mengandung unsur jurnalistik, ilmu pengetahuan maupun catatan harian (diary) yang ditujukan untuk memberikan berbagai informasi ke khalayak umum atau masyarakat luas di dunia maya. 

Berbagai informasi tersebut diupdate secara berkala dalam suatu format dan kategori tertentu sehingga memudahkan pengunjung untuk membaca berbagai artikel yang diterbitkan di situs tersebut.

Selain teks, blog juga pada umumnya disisipi dengan berbagai gambar, link maupun video pendukung yang berkaitan dengan artikel yang diterbitkan dalam suatu blog.

2. Apa itu blogger ?
Blogger pada umumnya memiliki 2 arti atau makna yang berbeda. Yang tentunya sudah banyak diketahui oleh para netizen di dunia maya.

A. Situs blogger
Blogger.com, merupakan situs penyedia layanan blog gratis (blog builder) milik google. Dengan mendaftar di situs blogger.com, anda dapat membuat blog dengan mudah dan cepat. Tanpa perlu berkutat dengan berbagai kode penyusun situs yang rumit dan sulit. 

Dengan mendaftar di situs blogger.com, nantinya anda akan mendapatkan blog dengan domain blogspot.com

B. Profesi blogger
Blogger adalah sebuah gelar, sebutan, profesi atau pekerjaan yang diperuntukan bagi para penulis yang aktif menulis dan menerbitkan karyanya di situs atau website yang berformat blog. 

Jadi, seorang blogger pada intinya adalah seorang yang aktif dalam kegiatan ngeblog.

3. Apa itu ngeblog ?
Ngeblog merupakan istilah yang ditujukan pada seseorang yang sedang beraktivitas dan berkutat dalam dunia perbloggingan. Lebih mudahnya, ngeblog adalah kegiatan menulis, mengedit dan menerbitkan berbagai artikel dalam suatu situs atau website berjenis blog.

4. Apa itu blogging?
Blogging dan ngeblog sama saja artinya, Cuma yang membedakan hanya pada bahasanya saja. Blogging murni menggunakan bahasa inggris, sedangkan ngeblog campuran antara bahasa indonesia dan bahasa inggris. 

Jadi, blogging merupakan suatu kegiatan menulis, mengedit dan menerbitkan suatu catatan atau artikel dalam suatu situs atau website berplatform blog.

Ya begitulah sekilas info mengenai pengertian atau arti dari blog, blogger, ngeblog dan blogging. Dari berbagai keterangan diatas dapat disimpulkan, bahwa seorang blogger yang murni menulis dan bukan seorang kopaser. 

Derajat mereka sama dengan seorang penulis, jurnalis, novelis, seniman, artis, dan lain sebagainya. Dengan demikian seorang blogger tidak dapat disebut sebagai seorang pengangguran. Karena blogger juga dapat menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

Kiranya cukup sekian tulisan singkat tentang apa itu blog, blogger, ngeblog dan blogging ini, semoga dapat menambah informasi dan wawasan sobat semua, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar