Mengenal Apa itu Game Open World dan Sandbox

Mengenal Apa itu Game Open World dan Sandbox
Mengenal Apa itu Game Open World dan Sandbox
Apa itu Game Open World dan Sandbox
Mengenal Apa itu Game Open World dan Sandbox - Apa itu game open world ?, apa itu genre game sandbox ?. Apakah keduanya sama atau malah berbeda sama sekali ?. Mungkin anda pernah bertanya-tanya pada diri anda sendiri, seperti yang tersebut diatas. Anda bingung membedakan mana game open world dan mana yang game sandbox. Padahal kedua istilah tersebut sama saja, yang membedakan Cuma istilah katanya saja. Secara pengertian, game open world dan sandbox tidak memiliki perbedaan sama sekali. 

Apa itu Game Open World dan Sandbox:

Jika diterjemahkan secara kasar dari bahasa inggris ke bahasa indonesia, maka open world memiliki makna dunia terbuka. Dan sandbox memiliki arti kotak / bak pasir. Namun, jika menyangkut masalah genre game. 

Game sandbox atau open world memiliki kriteria sendiri yang pada intinya menyangkut pada kebebasan seorang player untuk bermain game. Tanpa ada aturan ketat yang mengikat, seperti pada genre game yang lain nya.

Selengkapnya mengenai game open world / sandbox ada di bawah ini :

1. Game play game sandbox / open world
Di dalam game open world atau sandbox. Seorang player atau pemain game diberikan kebebasan untuk melakukan apa saja yang mungkin dilakukan di dalam game, tanpa harus dituntut untuk menjalankan suatu quest atau misi yang mengikat seorang player.

Seorang pemain game diberikan kebebasan untuk menjelajah dunia yang ada di dalam game dan diberikan kebebasan untuk berinteraksi dengan segala karakter (npc), benda, dan semua event yang ada di dalam game tanpa ada urutan misi yang mengikat seperti pada genre game yang lain nya. 

Misalnya seperti game rts, rpg, fps dan lain sebagainya. Game tersebut membatasi kemampuan seorang player untuk melakukan segala hal yang ingin dilakukan nya di dalam dunia game tersebut. Berbeda dengan game open world atau sandbox. 

Seorang player diberikan kebebasan untuk menjelajahi semua area dan kemungkinan yang ada di dalam dunia game tersebut. Dengan berbagai pencapaian atau kemampuan yang dimilikinya.

Tidak seperti genre game yang lain nya, yang menuntut player untuk melakukan quest yang ada. Di dalam game open world, Seorang player bisa menerima, menjalankan misi dan membatalkan misi sesuka hatinya. 

Tanpa mengganggu jalan nya game yang ada, apalagi sampai game over. Anda tahu sendiri kan, di genre game yang lain nya. Jika gagal menjalankan misi kemungkinan besar game akan berakhir / game over. Hal tersebut tidak berlaku di game open world / sandbox.

2. Graphic dan design game open world / sandbox
Kalau menyangkut masalah graphic, semuanya tergantung pada developer atau pihak pembuat game. Artwork game mau bergaya seperti anime, kartun barat, bergambar 8bit, 2d, 3D, dan lain sebagainya. Semuanya tergantung dari kemauan dan kemampuan developer yang membuat game open world / sandbox tersebut.

Jika menyangkut masalah design game. Pada intinya Game open world atau sandbox menampilkan sebuah dunia game yang dapat dijelajahi oleh seorang player / pemain game. Di dalam dunia tersebut, seorang player diberikan kebebasan untuk melakukan segala kemungkinan yang ada. 

Misalnya untuk mencari misi, sekedar membuat onar, dan lain sebagainya. Mungkin contoh mudahnya ya seperti game Gta san andreas.

3. Story line game open world / sandbox
Tidak seperti game rpg klasik yang mengharuskan seorang player untuk menamatkan semua misi secara berurutan. Misalnya saja pada game-game jrpg jadul dan sebangsanya. 

Pada game open world atau sandbox, jalan cerita pada game tergantung dari bagaimana seorang player untuk memainkan karakternya di dalam dunia game tersebut.

Walaupun di dalam game sandbox atau open world ada jalan cerita akhir yang menentukan keberlangsungan karakter di dalam game. Namun, semuanya kembali kepada cara bermain atau kemauan seorang player untuk menjalankan semua kemungkinan misi dan event yang ada. 

Karena di game sandbox atau open world sangat banyak sekali misteri dibalik semua event yang ada. Anda mau membuka semua misteri yang ada, atau hanya sekedar membuat onar semata, semuanya tergantung kemauan anda.

Tapi ingat, tema dari game open world / sandbox juga sangat banyak. Tergantung dari pihak developer yang membuatnya, ada yang bertema dunia modern, ada yang bercerita tentang dunia sword and magic ada juga yang hanya sekedar membangun dunia yang ada, dan masih banyak yang lain nya.

4. Contoh game open world / sandbox 
Seperti yang sudah tersebut diatas, mungkin anda tahu game GTA (Grand Theft Auto) series, misalnya seperti game GTA san andreas yang melegenda di indonesia. Ya, itulah salah satu contoh dari game open world atau sandbox. 

Selain game Gta tentunya masih banyak game berjenis sandbox/open world yang dibuat di dunia ini. Mulai dari game yang ada di konsol (nintendo, ps, dll), game pc dan game mobile (android, dll). Pasti ada saja game sandbox atau open world yang dibuat. Misalnya saja seperti game.
  • Minecraft
  • Skyrim / elder scrool series
  • Fallout series
  • Gangstar series
  • Driver series
  • Dan lain sebagainya
Itulah tadi sekilas tentang apa itu game open world dan sandbox ini, semoga dapat menambah informasi dan wawasan kita semua, terima kasih telah berkunjung di blog ini dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya ya.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar