Mengenal Apa itu Kepribadian Ambivert

Mengenal Apa itu Kepribadian Ambivert
Mengenal Apa itu Kepribadian Ambivert
Mengenal Apa itu Kepribadian Ambivert - Kepribadian, sifat dan karakter tiap-tiap diri manusia memanglah sangat unik dan bervariasi. Dari satu orang ke orang lain nya pasti memiliki perbedaan dari segi tingkah laku, perkataan, karakter dan lain sebagainya. Tidak ada manusia yang 100% identik, semua manusia memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, laki-laki, pria, perempuan dan wanita. Semuanya memiliki ciri khas nya tersendiri.

Kita mungkin pernah mendengar tentang jenis atau tipe kepribadian yang bernama introvert dan ekstrovert. Namun, tahukah anda dengan jenis tipe kepribadian ambivert ?. 

Jika anda belum mengenal tipe kepribadian ambivert, langsung saja simak penjelasan nya di bawah ini. Mungkin saja, setelah anda membacanya, anda termasuk kedalam tipe orang yang berkepribadian ambivert.

Apa itu ambivert ?

Ambivert merupakan jenis tipe kepribadian yang memiliki keseimbangan diantara kedua jenis tipe kepribadian lain nya. Dalam artian, seorang yang memiliki tipe kepribadian ambivert memiliki balance / keseimbangan antara sifat dan karakter kepribadian ekstrovert dan introvert.

Orang yang memiliki jenis kepribadian ambivert, memiliki ciri-ciri yang pada umumnya terdapat pada tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jadi, bisa dibilang orang ambivert memiliki sifat yang labil.

Karena, adanya dua gejolak tipe kepribadian yang saling berbaur dalam diri seorang yang berkepribadian ambivert. Maka dari itulah, sering kali orang yang ambivert di identikan dengan orang yang memiliki kepribadian ganda. 

Padahal sebenarnya tidaklah demikian. Mungkin lebih tepatnya orang ambivert dapat disebut sebagai orang yang pemalu dan pandai bergaul.

#Ciri-ciri tipe kepribadian ambivert
Orang yang memiliki kepribadian ambivert biasanya memiliki ciri-ciri umum seperti yang tertulis di bawah ini.

A. Sulit membuat keputusan dan perencanaan
Orang yang berkeribadian ambivert. Karena memiliki keseimbangan karakter di dalam dirinya. Memiliki sebagian sifat dan karakter orang introvert dan ekstrovert. Hal tersebut membuat pikiran dan mood orang ambivert menjadi sangat labil. 

Sehingga membuatnya menjadi kesulitan dalam memutuskan sesuatu, membuat suatu perencanaan, dan juga ragu-ragu dalam bertindak. Karena adanya konflik batin, antara percaya dengan pikiran dan perasaan diri sendiri, atau malah mengikuti saran dan pendapat orang banyak (lain).

B. Mudah beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan
Orang ambivert. Karena memiliki keseimbangan dalam karakter dan sifatnya. Antara sifat dan karakteristik orang ekstrovert dan introvert. 

Hal tersebut dapat membuat seorang ambivert. Mampu dan mudah beradaptasi di banyak keadaan, disegala situasi dan kondisi. Baik itu dalam hal pembicaraan, maupun tindakan. Dalam artian, 
  • Orang ambivert merasa nyaman ketika sendirian maupun di keramaian
  • Orang ambivert mampu berbicara secara empat mata, maupun berdiskusi dengan orang banyak
  • Orang ambivert mampu menyesuaikan kondisi / mudah berbaur sesuai dengan lawan bicara ataupun sesuai keadaan yang sedang berlangsung
  • Orang ambivert dapat bekerja secara mandiri, maupun kelompok
  • Orang ambivert dapat mengerjakan sesuatu dengan fokus penuh, maupun juga mengerjakan sesuatu secara multitasking
#Kekurangan orang berkepribadian ambivert
Seperti biasanya, mari kita membahas kekurangan terlebih dahulu. Dalam hal ini, kita membahas kekurangan dari orang yang memiliki tipe kepribadian ambivert. Karena keseimbangan, atau boleh disebut juga sebagai campuran antara kepribadian tipe ekstrovert dan introvert. 

Maka hal, tersebut dapat membuat seorang yang ambivert, memiliki berbagai kekurangan yang dimiliki oleh kedua tipe kepribadian tersebut. 

Namun, karena keseimbangan karakter, maupun salah satu karakter dan sifat yang hampir seimbang dari kedua tipe kepribadian lain nya. Hal tersebut malah akan membuat orang ambivert menjadi.
  • Labil
  • Sulit membuat keputusan atau perencanaan
  • Sering ambigu
  • Mudah bingung
  • Sering pasrah dengan keadaan
  • Memiliki mood yang sering berubah-ubah
  • Suasana hati, pikiran, dan tingkah lakunya sulit ditebak / labil
#Kelebihan orang berkepribadian ambivert
Seperti yang disebutkan pada ciri-ciri umum orang berkepribadian ambivert diatas. Maka dengan mudah kita dapat menebaknya. Orang ambivert sangat unggul dalam hal berdaptasi dengan lingkungan. 

Mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dalam berbagai situasi dan kondisi. Lebih lengkapnya, kelebihan orang ambivert adalah,
  • Mudah berdaptasi
  • Mampu fokus dan multi tasking
  • Mampu menyesuaikan pembicaraan
  • Mudah bergaul (berorganisasi) dan dapat mandiri
  • Pandai berkomunikasi dan memiliki intuisi yang mumpuni
Demikian penjelasan mengenai arti dan pengertian dari tipe kepribadian ambivert. Dan juga berbagai ciri, kelebihan, dan kekurangan orang ambivert. Jadi, apakah anda termasuk kedalam golongan orang yang berkepribadian ambivert ?. Atau malah condong ke tipe kepribadian ekstrovert dan introvert ?. Tentunya semua jawaban, hanya anda sendiri dan orang sekitar (terdekat) yang mampu menilai kepribadian anda. Sekian, dan semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar