Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber

Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber
Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber
Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber
Mengenal Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber - Di tahun-tahun belakangan ini, banyak sekali profesi atau pekerjaan yang dilakukan secara online. Baik itu berupa pembuatan project secara online, pembuatan konten, periklanan, perdagangan (online shop), dan masih banyak yang lain nya. Termasuk di dalamnya yakni kegiatan vlogging atau kegiatan ngevlog. 

Nah, mungkin di tahun-tahun belakangan ini banyak istilah di internet atau di dunia maya yang bermunculan. Dan silih berganti mengisi kosa kata baru di dalam kamus kata di kalangan para netizen. Salah satunya seperti blog, vlog, youtuber, adm, dan lain sebagainya. Kali ini, kebetulan saya mau sedikit membahas masalah seputar vlog dan serba-serbinya. Langsung saja silahkan simak tulisan dibawah ini,

Apa itu Vlog Vlogger Ngevlog Vlogging dan Youtuber?

1. Apa itu vlog ?
Vlog merupakan singkatan atau kependekan dari “Video blog” atau juga “Video log”. Dari singkatan dari kata vlog tersebut, tentunya kita sudah dapat menebak sedikit banyak mengenai pengertian dari vlog ini.

A. Apa itu Video blog?
Jika anda mencari dengan keyword atau kata kunci ‘vlog mean’ di google search. Mungkin anda akan menemui arti atau penjelasan dari kata vlog ini. Vlog berasal dari kata “video blog”, yang memiliki arti “a blog in which the postings are primarily in video form”. 

Jika diterjemahkan, maka vlog memiliki arti “Sebuah blog yang memiliki postingan utama dalam bentuk video”.

Sedangkan blog sendiri merupakan singkatan atau kependekan dari “Web log”. Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, blog merupakan sebuah catatan jurnalistik yang ditulis atau di publish dalam web, atau lebih mudahnya sebuah catatan online.

Jadi, sebuah blog yang memiliki konten sebagian besar berisi video. Video yang berisi berupa rekaman dari kamera. Atau perangkat perekam video lain nya, yang diposting dan di publish ke internet. 

Hal itulah yang dinamakan vlog / video blog. Contoh, situs buat ngevlog yang paling populer adalah situs youtube.

Video yang dipublish dalam kegiatan vlogging, tentunya sudah diedit sedemikian rupa. Sehingga terkadang dapat kita temui berbagai tambahan berupa teks, gambar, suara, maupun efek dalam sebuah video rekaman yang diupload / di publish di youtube. 

Dari sinilah, mungkin anda pernah mendengar dan mengenal istilah yang bernama “youtuber”.

Vlog atau video blog, dalam bahasa sehari-hari juga dapat disebut sebagai televisi internet. Karena memang konten video yang dibuat di publish dan disebarkan di internet, melalui berbagai situs / blog.

Jadi, jika anda aktif dan terkenal dalam dunia pervloggingan, anda dapat juga disebut sebagai seorang ADM (Artis Dunia Maya).

B. Apa itu ngevlog ?
Ngevlog terdiri dari dua suku kata, yakni “nge” dan “vlog”. Hampir mirip dengan pengertian dari ngeblog. Ngevlog sendiri merupakan sebuah kegiatan membuat, mengedit dan menerbitkan video dalam situs / blog, misalnya seperti mengupload video hasil rekaman dan editing ke youtube.

C. Apa itu vlogging ?
Arti dari kata vlogging sama saja dengan arti dari kata ngevlog. Cuma bahasanya saja yang berbeda. Yang satu murni dalam bahasa inggris (vlogging), dan yang satunya sudah di naturalisasi ke dalam bahasa indonesia (ngevlog). 

Jadi, vlogging adalah sebuah kegiatan membuat (merekam), mengedit, dan mengupload sebuah video ke blog, misal ke youtube. Anda tahu sendirilah, blogging, vlogging, dll hampir memiliki kesamaan kata dan makna.

D. Apa itu vlogger ?
Jika blogger adalah orang yang melakukan kegiatan blogging/ngeblog. Maka vlogger adalah seseorang yang melakukan kegiatan ngevlog/vlogging. Ya, begitulah artinya, jika seorang aktif ngevlog di youtube, maka orang tersebut juga dapat disebut sebagai seorang youtuber.

E. Apa itu youtuber ?
Youtuber memiliki arti yang hampir mirip dengan vlogger. Hanya saja, vlogger dapat disebut sebagai seorang youtuber jika ia aktif ngevlog di youtube. Jadi, semua vlogger yang mengupload karyanya di youtube dapat disebut sebagai seorang youtuber.

Contoh seorang vlogger / youtuber yang sukses:
Anda mungkin pernah mendengar nama pewdiepie, jfla, smosh, bayu skak, raditya dika, young lex,  dan lain sebagainya. Ya, begitulah nama sedikit banyak para vlogger atau youtuber yang sukses di dunia maya. Mungkin anda salah satunya ?.

Itulah tadi diatas informasi tentang apa itu vlog vlogger ngevlog vlogging dan youtuber, semoga dapat menambah wawasan sobat semua, terima kasih telah membaca dan berkunjung di blog ini, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar