Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee
Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee - kemajuan teknologi yang semakin berkembang, disertai juga bisnis online shop yang semakin rame apalagi di bidang market place atau e-comerce. Seperti yang sobat ketahui akhir-akhir ini banyak beberapa toko retail yang besar dan ternama menyatakan menutup gerainya di beberapa pusat perbelanjaan terbesar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan mungkin akan menyusul kota-kota lain.

Salah satu penyebabnya adalah, gaya beli konsumen yang mulai berubah. Seperti apa sih?, yups benar..., mungkin sobat sudah bisa menjawabnya, rata-rata masyarakat sekarang mulai beralih membeli barang melalui online.

Beberapa alasan yang mungkin menjadi dasar adalah, dikarenakan tidak membuang waktu, biaya dan tenaga yang banyak, sobat hanya butuh smartphone dan koneksi internet, sobat sudah dapat membeli bermacam-macam barang secara mudah dengan online.

Nah pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi pengalaman tentang salah satu aplikasi market place jual beli online yang bernama Shopee. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi market place terbesar selain Tokopedia dan Bukalapak.

Setelah beberapa waktu yang lalu admin telah berbagi pengalaman memakai aplikasi Bukalapak dan pengalaman menggunakan aplikasi Tokopedia, sekarang saatnya admin juga ingin menjelaskan pengalaman admin menggunakan aplikasi Shopee sebagai penjual.

Sebelum admin menulis pengalaman ini, ada baiknya sobat mengetahui spesifikasi smartphone atau HP yang cocok digunakan untuk aplikasi Shopee ini, masih sama seperti aplikasi yang lain, sobat harus memiliki smartphone atau HP dengan spek dibawah ini, agar aplikasi berjalan normal dan lancar.

Speseifikasi minimum untuk aplikasi Shopee

  • Processor Quad Core 
  • RAM 2 GB
  • ROM 16 GB
  • Android versi 5.0
  • Jaringan 3G/4G (lebih baik)

Sekedar info, versi aplikasi Shopee ini hanya dibuat khusus untuk smartphone saja, jadi tidak ada versi web atau desktop seperti aplikasi market place yang lain, jadi walaupun dengan spesifikasi diatas terkadang aplikasi ini berjalan lambat dan membuat tidak betah.

Pengalaman menggunakan Shopee

Dibawah ini adalah beberapa ulasan admin selama berjualan menggunakan aplikasi Shopee, silahkan di baca agar mengerti ya sob :

1. Cara upload barang di Shopee :

Sobat dapat melakukan proses upload barang yang akan di jual di aplikasi Shopee dengan dua cara, seperti dibawah ini :

Melalui halaman profil, silahkan sobat masuk ke dalam menu profil dengan menyentuh icon Saya di sebelah kanan pojok bawah, kemudian sentuh Tambah Produk Baru, seperti gambar dibawah ini :  

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Kemudian akan keluar jendela menu baru yang berisi pilihan, darimana sobat akan mengunggah produk atau barang yang akan di jual di Shopee, seperti tampak di gambar bawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Sobat juga dapat upload produk di shopee dengan cara seperti dibawah ini, geser kebawah pada menu profil sobat, sampai menemukan menu Asisten Penjual seperti gambar dibawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Kemudian sentuh menu Produkku seperti tampak gambar dibawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Setelah itu akan keluar menu yang menampilkan beberapa produk yang dijual sobat yang telah sukses di upload, kemudian sentuh icon tanda Plus di pojok kanan bawah seperti gambar dibawah ini :

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Lalu akan muncul beberapa icon pilihan dari mana sobat akan mengambil foto produk yang akan di upload di Shopee, seperti tampak gambar dibawah ini : 

Berbagi Pengalaman Menggunakan Aplikasi Shopee

Silahkan pilih dari mana foto atau gambar porduk yang sobat akan jual, disini admin akan memberi contoh gambar produk diambil dari Galery, maka akan keluar beberapa gambar produk yang sobat akan jual, seperti tampak dibawah ini :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Pilih satu gambar produk yang akan dijual, dari galeri sobat, perlu diketahui sobat hanya dapat memilih satu gambar produk saja.

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Kemudian sobat akan disuruh Crop atau potong foto produk yang akan dijadikan foto sampul atau gambar utama produk, lalu klik Centang di sebelah pojok kanan atas, jika dirasa sudah pas, seperti gambar diatas :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Berbeda dengan aplikasi market place yang lain, Shopee memiliki kelebihan dalam proses upload foto atau gambar, yaitu sobat dapat memberikan beberapa efek, agar produk atau gambar terlihat lebih bagus, seperti mengatur contras, brightness, efek foto, dan lain sebagainya, perhatikan gambar diatas.

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Setelah sobat selesai mengatur semuanya, silahkan sentuh tanda Centang yang berada di sebelah pojok kanan atas untuk menyimpan gambar. 

Sekedar info, jika sobat memiliki beberapa jenis foto untuk satu jenis barang, silahkan ulangi proses diatas, untuk tiap-tiap foto, dikarenakan Shopee tidak dapat menggunggah produk secara massal atau lebih dari satu. 

Tahap selanjutnya sobat harus memberikan keterangan atau deskripsi barang yang akan di jual di aplikasi Shopee, silahkan di simak dibawah ini :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Untuk memberikan deskripsi produk atau keterangan barang yang akan di jual di Shopee, admin rasa tidak terlalu sulit, 
Nama Produk : cukup sobat memberikan nama produk yang jelas, dapat ditambah dengan karakter lain, seperti garis miring, dan lain sebagainya

Deskirpsi Produk : disini sobat dapat memberikan keterangan produk tanpa dibatasi kata, dan perlu diketahui, di Shopee ada fasilitas Hashtag, yang fungsinya mirip dengan Instagram, yaitu berisi kumpulan gambar-gambar produk sesuai labelnya.

Kategori : Silahkan pilih kategori barang yang akan dijual, biasanya Shopee akan otomatis memberikan kategori barang, jika nama barang sesuai.

Harga : Masukkan harga barang yang dijual
Stok : masukkan stok barang yang dimiliki sobat
Variasi : sobat dapat menambah variasi barang, seperti warna, ukuran dengan harga yang berbeda.

pengalaman menggunakan aplikasi shopee


Berat : isikan berat barang yang akan di jual
Kondisi : isikan kondisi barang masih baru atau bekas
Grosir : Jika sobat berjualan grosir silahkan atur kuantitas pembelian barang dan harga minimal
Ongkos kirim : Atur ongkos kirim dengan mengaktifkannya

Pre Order : Barang pesanan, akan dikirim jika barang sudah ready, di Shopee batas minimal PO 7 hari, dan dapat di atur jika lebih. 

Setelah selesai, silahkan sentuh tanda Centang di Pojok kanan atas, untuk menyimpan dan produk siap dijual.

Proses edit barang yang telah di upload

Silahkan sobat masuk ke menu asisten penjual di menu profil atau Saya, seperti tampak gambar di bawah ini :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Kemudian sentuh Produkku, seperti gambar dibawah ini :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Lalu sentuh UBAH di sebelah foto atau gambar yang ingin di ubah atau di edit keterangannya, seperti gambar di bawah ini :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Sobat akan dibawa ke menu seperti mengupload barang, silahkan dirubah sesuai dengan keinginan sobat.

Untuk cara menghapus produk di aplikasi Shopee, sobat dapat melihat artikel admin beberapa waktu yang lalu, yaitu Cara menghapus produk di Shopee, kemudian untuk logout dari aplikasi Shopee sobat juga dapat membaca caranya di artikel admin yang lalu tentang bagaimana cara Logout di Shopee.

2. Sistem reputasi toko di Shopee

Jika sobat ingin berbelanja di aplikasi market place manapun, wajib untuk sobat mengetahui reputasi toko yang baik dan terpercaya, agar nantinya sobat tidak kecewa.

Di Shopee reputasi toko, menggunakan sistem bintang, jadi semakin banyak customer atau pembeli yang memberikan bintang 5, dan komentar-komentar pembeli yang baik-baik maka sobat tidak perlu ragu-ragu lagi untuk berbelanja di toko online tersebut.

Seperti tampak gambar dibawah ini, adalah contoh reputasi salah satu toko online di Shopee yang dimiliki oleh admin :

pengalaman menggunakan aplikasi shopee

Dari gambar diatas sobat dapat menilai toko yang sobat akan beli produknya, sedikit tips, tanyakan melalui chat secara detail dan lengkap barang yang akan sobat beli, agar tidak kecewa nantinya.

Diatas adalah sedikit ulasan yang admin berikan, memang tidak terlalu lengkap, karena admin hanya membahas point penting selama menggunakan aplikasi ini, 

tapi diharapkan ulasan diatas dapat mewakili dari seluruh fasilitas dan kelebihan dari apliksi Shopee ini,

Setelah membaca artikel diatas, kini pilihan terserah sobat ingin berjualan di aplikasi market place yang mana saja, yang paling penting adalah kejujuran dan pelayanan yang terbaik.

Akhir kata, cukup demikian ulasan dan pengalaman admin selama menggunakan aplikasi Shopee ini, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar