Perawatan Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat dan Tidak Bau

Perawatan Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat dan Tidak Bau
Perawatan Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat dan Tidak Bau
Perawatan Rambut Berhijab
Perawatan Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat dan Tidak Bau - Rambut adalah mahkota bagi wanita, apalagi memiliki rambut yang hitam legam dan lebat berkemilau tanpa ketombe, pasti menjadi idaman semua wanita, khususnya sebagai remaja muslimah yang setiap saat harus menutup mahkota tersebut dengan jilbab, yang tentunya memiliki problem yang bermacam-macam.

Adakalanya rambut berketombe, kulit kepala gatal-gatal yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, ataupun masalah rambut lainnya seperti rambut lengket dan berminyak.

Pengalaman seperti itu biasanya disebabkan karena kepala yang terus menerus tertutup. Seperti yang kita ketahui Negara Indonesia memiliki iklim tropis, yaitu iklim yang panas namun lembab. 

Keadaan seperti ini akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan, terutama pada kulit wajah dan kulit kepala.

Produksi minyak serta keringat yang berlebihan, apalagi dengan keadaan kepala yang tertutup pasti dapat menyebabkan ketombe serta gatal-gatal mudah menyerang, ditambah lagi jika kurang perawatan, malah akan membuat rambut mudah rontok serta menimbulkan bau yang kurang enak.

Oleh sebab itu, perempuan yang memakai hijab perlu perawatan khusus untuk merawat rambutnya agar tetap sehat dan tetap terlihat indah.

Kali ini admin akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara merawat rambut berhijab, pengalaman ini adalah pengalaman dari adik admin yang memakai hijab,

Perawatan rambut berhijab : 

Sebelum kamu membaca tipsnya bagaimana merawat rambut berhijab, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu masalah yang sering di alami oleh kebanyakan cewek yang berhijab, serta bagaimana cara mengatasinya, seperti dibawah ini :

1. Rambut berminyak
Perawatan Rambut Berhijab

Disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan sehingga membuat rambut menjadi lengket, lepek dan sulit diatur, bila tidak di rawat dapat menyebabkan ketombe, rontok serta timbul bintik-bintik merah pada kulit kepala.

Cara merawat rambut berminyak :
  • Bilas rambut dengan benar,  artinya jangan sampai bahan shampoo masih tertinggal, karena terkadang rambut berminyak dapat disebabkan oleh bahan kimia dari shampoo atau conditioner, dan gunakan air yang bersuhu normal, 
  • Cuci rambut minimal dua kali seminggu, atau bila dirasakan rambut lengket, segera cuci dengan shampoo berbahan alami, seperti shampoo merang atau jeruk, agar lemak mudah larut.
  • Menggunakan daun lidah buaya, dua minggu sekali dengan cara, usapkan lidah buaya pada rambut yang telah dibelah dan diambil getahnya, tekan-tekan atau pijat kulit kepala agar minyak pada rambut bisa terserap oleh lidah buaya, 
  • Gunakan shampoo kering  atau shampoo khusus untuk rambut berminyak, karena shampoo ini dapat menyerap minyak dan menambah volume rambut yang lepek, terlihat lebih mengembang
2. Rambut nomal atau kering

Perawatan Rambut Berhijab

Meskipun rambut jenis ini tidak mudah menjadi lengket atau lepek, seperti rambut berminyak, namun mencuci rambut dua kali seminggu juga merupakan bagian yang penting dalam perawatan rambut berhijab.

Merawat rambut normal atau kering tidak lah sulit, cara tradisional juga disarankan agar kesuburan dan kelembaban rambut tetap terjaga, seperti memberi minyak kemiri dan minyak kelapa,

Perawatan Rambut Berhijab

Jika kamu tidak menyukai perawatan dengan minyak, karena baunya yang khas, kamu dapat menggunakan bahan alami lainnya yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan seperti daun mangkokan, daun urang-aring dan buah seperti buah alpukat, wortel, apel yang baik untuk rambut.

Gunakan shampoo untuk rambut normal dan kering, jika kamu ingin yang alami gunakan shampoo yang terbuat dari wortel, atau shampoo yang terbuat dari sari apel.

Baca juga : Manfaat buah dan sayur dilihat dari bentuknya

Setelah mengetahui kedua jenis masalah yang sering dihadapi oleh rambut berhijab, dibawah ini adalah tips yang perlu dilakukan agar rambut tetap sehat walaupun memakai jilbab,

Cara merawat rambut berhijab :

Pertama


Perawatan Rambut Berhijab

Pilih bahan jilbab yang baik untuk kulit, terutama yang dapat menyerap keringat seperti bahan katun atau chiffon, karena kedua bahan ini dapat memperlancar sirkulsi udara dengan baik, sehingga kulit kepala juga akan bernafas dengan baik pula.

Jika kamu lebih suka memakai hijab berbahan nylon atau kain sintetis, gunakan inner yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, agar dapat melindungi rambut dari gesekan, karena kain berbahan nylon dan sintetis dapat merusak rambut,

Jika dalam cuaca panas, gunakan bahan yang tipis, dingin serta berwarna cerah, dan jangan menggunakan warna hitam, karena dapat menyerap panas. Namun jika cuaca dingin terserah kamu ingin memakai hijab berbahan apa saja.

Kedua
Jangan memakai hijab dalam keadaan rambut yang masih basah, biarkan kering terlebih dahulu dengan cara alami seperti di angin-anginkan, dan jangan menggunakan pengering rambut, karena dapat merusak kelembaban rambut.

Ketiga,


Perawatan Rambut Berhijab

Jangan mengikat rambut terlalu kencang, agar rambut tidak rontok dan mudah patah, selain itu mengikat rambut dengan kencang dapat membuat rambut tidak dapat bernafas dengan baik,

Keempat,
Perawatan Rambut Berhijab

Penyisiran rambut yang baik, juga berpengaruh pada kesehatan rambut, gunakan sisir yang memiliki gigi yang jarang, agar dapat mengurangi kerontokan rambut, bahan sisir yang terbaik adalah yang terbuat dari tanduk, karena rambut memiliki zat keratin sama halnya seperti tanduk

Dengan sisir yang berbahan tanduk, dapat mengurangi efek penarikan, yang diakibatkan oleh unsur positif bertemu dengan positif, sehingga tidak menimbulkan daya elektrostatis yang saling tarik menarik

Lakukan penyisiran secara rutin, setiap malam sebelum tidur, tak hanya dari depan ke belakang, melainkan dari samping juga dari tengkuk kearah depan agar peredaran darah di kulit kepala lancar

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, gunakan sisir dengan gigi jarang serta panjang, jika kamu memiliki rambut pendek guanakan sisir dengan gigi yang lebih kecil.

Kelima,


Perawatan Rambut Berhijab

Biarkan rambut istirahat, disini maksudnya adalah membiarkan rambut secara terurai dengan tidak mengikatnya, ketika kamu sedang tidak memakai jilbab, agar rambut dapat bernafas dengan baik, kamu juga dapat memijat kulit kepala agar sirkulasi darah lancar,

Keenam,


Perawatan Rambut Berhijab

Potong rambut kamu jika pada ujung rambut bercabang, agar rambut tetap terlihat sehat , terawat dan terjaga kesuburannya, hindari bentuk potongan rambut yang memiliki poni, agar tidak terasa ribet ketika memakai jilbab.

Ketujuh,


Perawatan Rambut Berhijab

Makan makanan bergizi dan pola hidup sehat, selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga penting, makan makanan yang cukup gizi, yang kaya akan asam amino dan protein seperti telur, bayam, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Kiranya demikian cara perawatan rambut bagi wanita berhijab dengan baik dan benar, mohon maaf apabila ada kekurangan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar