Apa Arti Hiatus Dalam Bahasa Gaul

Apa Arti Hiatus Dalam Bahasa Gaul
Apa Arti Hiatus Dalam Bahasa Gaul
Arti Hiatus
Apa Arti Hiatus Dalam Bahasa Gaul - Apa itu hiatus ?. Apakah hiatus ini masih sejenis dengan makanan, obat atau minuman?. Tentu jawabannya tidaklah demikian. Mungkin anda pernah mendengar istilah hiatus ini di internet, forum ataupun di sosial media yang ada. Khususnya bagi anda para wibu, otaku dan kpopers atau pecinta film Korea. Pastilah anda sudah tidak asing lagi dengan kata hiatus ini. 

Nah yang jadi pertanyaannya, apa sih pengertian hiatus itu ?. Langsung saja, berikut penjelasannya.

Arti kata Hiatus:

#Apa itu hiatus?
Pengertian hiatus, atau arti darikata hiatus ini tentu saja tidak ada di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Karena memang kata hiatus ini asalnya bukan dari bahasa Indonesia. 

Hiatus adalah kata yang diambil dari bahasa Latin, yang artinya gap. Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, setara dengan celah atau renggangan. Hiatus bisa juga diartikan rehat sejenak, penundaan atau penanguhan, berpisah sementara atau maksud yang sejenis dengan kalimat tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari kata Hiatus dapat digunakan dan diartikan sebagai keadaan berhenti sejenak dari aktivitas rutin yang biasa dilakukan, berpisah sejenak dari kebersamaan dalam kurun waktu tertentu dan suatu saat bersama kembali.

Hiatus dalam dunia bahasa merupakan peralihan di antara dua monoftong yang berdampingan, yang membentuk dua suku yang berurutan tanpa ada jeda atau konsonan antara.

Dan di dalam bahasa Inggris sendiri, kata hiatus memiliki makna atau arti "a pause or gap in a sequence, series, or process". Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, kurang lebih kata hiatus memiliki arti "jeda atau celah dalam urutan, rangkaian, atau proses". 

Yup, dari penjelasan diatas sudah dapat disimpulkan. Jadi maksud dari kata hiatus ini adalah rehat, jeda atau berhenti sejenak. 

Secara mudahnya, entah itu anime, film, lagu, manga atau kegiatan lainnya yang dilakukan secara rutin. Untuk sementara waktu dihentikan, libur sejenak sampai batas waktu yang ditentukan atau juga tidak diketahui waktunya. 

Jadi jika ada anime atau manga sedang hiatus. Berarti seri anime atau manga yang hiatus tersebut tidak akan tayang, atau tidak akan rilis episode atau chapter terbarunya. Karena pihak terkait memutuskan untuk jeda atau rehat sejenak. Sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 

Begitu juga dengan grup band, girl band, boy band, idol musik, penyanyi, dll. Jika para artis atau musisi tersebut memutuskan untuk hiatus. Berarti para penyanyi tersebut. Untuk beberapa waktu tidak akan tampil menyanyi atau merilis lagu yang baru. 

Kata hiatus dalam dunia internet misalnya blogging yaitu merupakan istilah yang berarti berhenti sejenak dari aktivitas blogging. Seorang Blogger tidak membuat posting selama setahun karena dia sibuk dengan pekerjaan di dunia nyata, namun blogger tersebut akan kembali mengurus blognya suatu saat nanti, itu juga disebut dengan hiatus.

Dalam dunia internet Hiatus bisa merupakan suatu keadaan dimana sesuatu tayangan yang rutin diupdate harus diberhentikan atau ditunda sementara dengan beberapa alasan tertentu. Sebagai contoh anime yang pernah mengalami Hiatus yang cukup lama. Sebab dari terjadinya Hiatus pun bisa memang sengaja dilakukan atau tidak direncanakan karena faktor yang tak terduga sebelumnya.

#Berapa lama waktu hiatus?
Untuk waktu hiatus sendiri tergantung dari kemauan dan kemampuan berbagai pihak yang terkait. Bisa jadi ada seseorang yang hiatus cuma 1 minggu saja, atau mungkin bahkan bisa bertahun-tahun lamanya. Mereka tidak aktif dalam aktivitas atau rutinitas kerjanya. Dalam kurun waktu yang sulit ditebak atau di tentukan.

Jadi semuanya kembali kepada kemauan dan kemampuan si pihak yang terkait tadi.

Oke kiranya demikian tentang arti kata hiatus ini, semoga dapat menambah informasi sobat semua, sekian tulisan ini, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang ada di blog ini,  terima kasih telah berkunjung.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar