Ternyata di Shopee Tidak Bisa Ganti Kurir

Ternyata di Shopee Tidak Bisa Ganti Kurir
Ternyata di Shopee Tidak Bisa Ganti Kurir
ganti kurir di shopee
Ternyata di Shopee Tidak Bisa Ganti Kurir - kembali lagi sobat, kali ini admin akan sedikit berbagi informasi kepada kamu yang berjualan online dengan aplikasi ecommerce yang bernama Shopee, yupss..., bagi kamu penjual di shopee mungkin ada yang sudah mengetahui atau bahkan belum mengetahui jika di Shopee ini kita tidak bisa mengganti jasa expedisi yang telah dipilih oleh pembeli.

Sangat disayangkan sih, serasa aplikasi ada yang kurang, memang tidak seperti aplikasi ecommerce pesaingnya yang tutorialnya pernah saya bagikan disini, setelah sobat membacanya kita dapat dengan mudah mengganti kurir selain pilihan pembeli ,

Walaupun seperti itu, mau tidak mau kita harus mengikuti aturan tersebut, karena memang tiap aplikasi ecommerce pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing,

Jika sobat juga memiliki pengalaman menggunakan aplikasi Shopee ini, dbawah admin akan menambahkan sedikit informasi yang disebut diatas, dan semoga dapat menambah pengalaman sobat, silahkan dibaca kronologi dibawah ini :

Pengalaman ganti kurir di Shopee

Berawal dari sebuah pesanan yang dari customer di aplikasi Shopee yang memakai jasa pengiriman JNE, seperti biasa setelah barang di proses, seperti dibungkus dan menuliskan alamat si pembeli, kita tinggal mengirim barang ke JNE atau menunggu kurir untuk menjemput barang kita,

Kebetulan admin lebih sering barang diambil oleh kurir di toko atau dirumah, karena memang sudah berlangganan, kebetulan pada hari itu adalah hari Sabtu, dimana kebanyakan jika hari Minggu jasa expedisi banyak yang tutup,

Setelah menunggu dari pagi sampai sore, ternyata hanya kurir dari expedisi J&T yang datang, dari pada menunggu lama sampai hari Senin barang ini diambil kurir,

Akhirnya admin berinisiatif untuk menitipkannya ke J&T, dengan alasan agar barang cepat dikirim dan sampai ke pembeli, setelah admin cek ongkir J&T nya , ternyata untuk ongkos kirimnya sama,

Seperti biasa malam hari kurir J&T mengirimkan nomor resinya melalui pesan WA kepada admin, nah disini admin mulai memasukkan nomor resi di aplikasi Shopee,

Dan ternyata di Shopee tidak ada pilihan untuk mengganti kurir atau jasa expedisi yang telah dipilih oleh si pembeli, disinilah admin mulai bingung, sebab nomor resi yang dimasukkan tidak valid, karena memang berbeda expedisi,

Pastinya jika tidak segera di input maka pesanan akan batal otomatis dalam waktu 2-3 hari, dan dana akan dikembalikan kepada pembeli,  solusi yang dapat dilakukan pada waktu itu adalah :

1. Memberikan nomor resi palsu,
Ternyata setelah diberi nomor resi palsu, beberapa jam kemudian status berubah menjadi barang dikirim, namun jika kita memberi nomor resi palsu, sistem pasti tidak dapat melacak posisi barang kita, nah kelemahannya adalah jika si pembeli tidak klik pesanan diterima, maka dana tidak akan masuk ke penjual, bisa saja dana akan kembali ke pembeli lagi karena dianggap barang belum dikirim,

2. Mengirim pesan kepada pembeli,
Setelah menulis resi palsu, kirim pesan kepada pembeli bahwa barang telah dikirim dengan expedisi yang berbeda, dengan alasan agar barang cepat dikirim dan cepat sampai, kemudian menyarankan kepada pembeli untuk segera melakukan konfirmasi dengan cara klik Pesanan Diterima,

Jika pembeli tidak melakukan itu, maka dipastikan dana akan tetap di Shopee atau dana akan dikembalikan kepada pembeli,

Namun admin masih penasaran masa sih di Shopee tidak bisa ganti kurir?,  dari rasa penasaran tersebut akhirnya admin coba menghubungi Contact Support Shopee melalui email di support@shopee.co.id, dibawah ini adalah kronologinya :

Dibawah ini adalah balasan dari CS Shopee setelah admin mengirim pesan kepadanya tentang bagaimana cara mengganti jasa kurir :

Ganti kurir di Shopee

Kemudian dibawah ini  adalah balasan admin di Shopee, lengkap beserta nomor pesanan dan bukti resi pengiriman :

ganti kurir shopee

Seperti biasa pertanyaan akan diproses kembali, seperti gambar dibawah ini :


Ganti kurir di Shopee

Dan setelah menunggu beberapa jam kemudian dibalas oleh CS Shopee yang menyatakan bahwa kita tidak dapat mengganti jasa expedisi atau kurir yang telah dipilih oleh pembeli, silahkan dilihat gambar dibawah ini :

Ganti kurir di Shopee

Ganti kurir di Shopee

Sesuai dengan solusi yang telah admin tulis diatas, nah semoga dengan tulisan admin ini, dapat menambah pengalaman sobat dalam berjualan online melalui aplikasi ecommerce ini,

Cukup sekian berbagi pengalaman ganti kurir di Shopee ini, mohon maaf apabila ada kata yang kurang lengkap atau salah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar