Aplikasi SIM Online Untuk Perpanjangan Masa Berlaku

Aplikasi SIM Online Untuk Perpanjangan Masa Berlaku
Aplikasi SIM Online Untuk Perpanjangan Masa Berlaku
Aplikasi SIM Online Untuk Perpanjangan Masa Berlaku
Surat Izin Mengemudi atau disingkat SIM merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh para pengendara. Namun bukan hanya sekadar punya saja, para pengendara pun wajib memperhatikan masa berlakunya. Masa berlaku SIM seperti kita ketahui hanya 5 tahun saja. Setelah masa berlaku habis, tentu saja para pengendara wajib memperpanjang masa berlaku agar SIM yang dimiliki sah dan terhindar dari penindakan penilangan. Memperpanjang masa berlaku SIM memang dulu terasa melelahkan lantaran harus menyesuaikan lokasi sesuai KTP dan juga harus antre panjang. Namun, saat ini telah hadir bentuk inovasi terbaru dari kepolisian yaitu aplikasi SIM online. Pernahkah sobat mendengarnya?

Hadirnya aplikasi SIM online merupakan pengembangan dari layanan SIM online yang diluncurkan oleh pihak Polri. Perlu diketahui terlebih dahulu, SIM online bukan berarti masyarakat bisa membuat SIM secara mandiri dengan memanfaatkan koneksi internet.

Hadirnya SIM Online hanya untuk mempermudah akses masyarakat dalam pembuatan SIM baru dan juga perpanjangan SIM. Adanya SIM online ini akan membuat perpanjangan SIM online menjadi lebih mudah, tanpa antre dan bisa lebih pasti.

Dan juga, tentu saja bisa membuat siapapun dapat memperpanjang SIM tanpa harus pulang ke kampung halaman ketika sedang merantau. Dari latar belakang tersebut munculah sebuah inovasi baru yang akan lebih memudahkan siapa saja dalam memanfaatkan layanan SIM online dengan sebuah aplikasi di ponsel android.

Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan siapa saja yang sudah terbiasa dengan dunia aplikasi android sehingga lebih membantu dalam urusan perpanjangan SIM secara online.

Cara Mendapatkan Aplikasi SIM Online

Lalu bagaimana cara mendapatkan aplikasi SIM online? Untuk cara mendapatkannya sama seperti mendapatkan aplikasi android lainnya. Ya, yang harus Sobat lakukan untuk bisa memiliki aplikasi tersebut adalah mengunduhnya langsung dari playstore.

Aplikasi untuk pembuatan SIM online ini telah tersedia di playstore yang bisa diunduh oleh semua pengguna androdi dengan hanya memanfaatkan koneksi internet. Menariknya, aplikasi ini sangatlah ringan sehingga cocok untuk berbagai jenis ponsel android.

Dan juga, aplikasi android ini bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa ada syarat apapun untuk mengunduhnya. Setelah mendapatkannya, Sobat bisa melakukan pendaftaran aplikasi dengan menggunakan email untuk aktivasi.

Cara Menggunakan Aplikasi SIM Online Untuk Perpanjangan Masa Berlaku

Setelah Sobat mendapatkan aplikasi tersebut, Sobat bisa langsung segera menggunakannya. Tidak sulit untuk bisa menggunakan aplikasi ini terlebih lagi untuk Sobat yang terbiasa menggunakan aplikasi android.

Tanpa perlu menggunakan panduan aplikasi pun telah jelas apa saja yang harus dilakukan. Namun sebagai bantuan, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memperpanjang SIM online menggunakan aplikasi.

Sekadar informasi, aplikasi online yang akan dijelaskan tadi merupakan aplikasi bernama SIMOBO yang resmi dikeluarkan oleh Polda Jawa Barat. 

Untuk cara menggunakannya, aplikasi SIM online untuk perpanjangan masa berlaku:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi yang telah terdaftar dengan email Sobat.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu profil. Pada bagian kanan terdapat tanda (+) yang bisa diklik untuk masuk ke Registrasi Data SIM.
  3. Tahap ketiga, Sobat harus mengisi semua isian yang harus diisi. Terdapat kolom untuk nomor SIM, lokasi domisili dan juga masa berlaku SIM Sobat. Sebagai catatan, menurut aturan yang berlaku Sobat tidak bisa melakukan perpanjangan SIM jika telah terlambat lebih dari 3 bulan. Batas maksimal dari SIM yang telah habis masa berlakunya hanya 3 bulan saja. Jika melewati batas itu, cara online dan cara manual tetap tidak diterima dan Sobat harus membuat SIM baru.
  4. Selain mengisi semua kolom yang tersedia, Sobat juga diminta untuk melampirkan foto terbaru. Yang perlu diperhatikan, Sobat harus melampirkan foto dengan tampilan formal bukan seperti foto swafoto atau model lainnya.
  5. Klik registasi dan Sobat bisa memilih tanggal untuk mengurus proses selanjutnya. Tanggal ini merupakan tanggal kedatangan Sobat ke sebuah Satpas yang dipilih. Jika lokasi yang dipilih tidak bisa lantaran kuota penuh, maka Sobat harus memilih lokasi Satpas lainnya
  6. Tahap akhir, Sobat hanya tinggal menunggu pemberitahuan selanjutnya untuk melanjutkan proses perpanjangan SIM di kantor Satpas.

Secara garis besar, hanya itu saja yang harus dilakukan di dalam aplikasi pembuatan dan perpanjangan SIM online. Jadi, aplikasi tersebut akan membantu Sobat dalam pendaftaran permohonan pembuatan atau perpanjangan SIM secara online agar Sobat bisa mendapatkan arahan yang pasti, jadwal yang pasti, dan tanpa antre untuk bisa segera mengurus apa yang Sobat harapkan.

Untuk urusan perpanjangan SIM, tahap lanjutan setelah mengisi pendaftaran online adalah datang ke kantor satpas atau tempat lain yang bisa melayani SIM online yaitu gerai di mall dan juga SIM keliling.

Sobat harus membawa bukti pendaftaran online yang telah Sobat lakukan beserta KTP asli, KTP fotokopian, surat keterangan dokter, dan juga SIM lama Sobat. Setelah itu, Sobat akan memasuki tahapan untuk verifikasi data dan pembayaran biaya perpanjangan SIM.

Dan baru setelah itu, tahap akhirnya Sobat hanya perlu membubuhkan tanda tangan, sidik jari, dan foto untuk sebuah SIM baru Sobat.

Sekali lagi, aplikasi perpanjangan SIM yang telah dijelaskan diatas adalah aplikasi SIMOBO. Aplikasi ini resmi buatan dari Polda Jawa Barat sebagai pengembangan layanan SIM online yang bisa diakses di website polri.

Karena aplikasi ini buatan Polda Jawa Barat, sayangnya perpanjangan SIM melalui aplikasi ini hanya berlaku untuk warga diseluruh Jawa Barat saja.

Lalu bagaimana dengan wilayah lain selain Jawa Barat? Terdapat pula aplikasi layanan SIM online lainnya yang bisa Anda dapatkan di playstore.

Aplikasi-aplikasi yang  dimaksud hanyalah aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga dengan menyesuaikan tahapan dan cara yang ada di situs sim.korlantas.polri.go.id. Sehingga, semua proses yang ada di dalam aplikasi sama seperti semua proses yang dilakukan di situs tersebut yang diakses menggunakan browser.

Tersedia pula aplikasi sejenis SIMOBO yang disedikan untuk masyarakat Surabaya. Ya, aplikasi yang memiliki nama e-SIM Online Indonesia karya Polrestabes Surabaya ini juga bisa diunduh secara gratis di playstore.

Cara penggunaannya pun hampir sama yang tentunya sangat mempermudah warga Surabaya yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM. Menariknya, dalam aplikasi ini terdapat pula menu lainnya yang sangat bermanfaat.

Untuk Sobat yang ingin membuat SIM baru, tersedia pula materi uji praktek yang dapat dipelajari dalam aplikasi. Terdapat pula penjelasan SIM corner yang bisa dikunjungi dan juga jadwal SIM keliling terbaru.

Selain itu, penjelasan mengenai biaya pembuatan dan perpanjangan SIM, mekanisme, dan juga syaratnya pun tersedia lengkap sehingga benar-benar memenuhi konsep one-stop apk yang sangat bermanfaat.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai aplikasi SIM online. Dengan adanya layanan SIM Online dan juga lahirlah sejumlah aplikasi berbasis androdi ini tentunya akan sangat membantu siapa saja yang ingin mendapatkan layanan SIM dengan mudah terutama untuk memperpanjang masa berlakunya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar