Bagaimana Cara Memperpanjang SIM Online?

Bagaimana Cara Memperpanjang SIM Online?
Bagaimana Cara Memperpanjang SIM Online?
cara memperpanjang sim online
Adanya inovasi layanan baru dari SAMSAT dan Polri tetang SIM Online memang sungguh membawa kabar gembira. Ya, siapapun yang sedang berada diluar kota asal atau diluar kota yang terdaftar di kartu identitasnya kini bisa memilih layanan SIM online. Tanpa perlu harus kembali pulang ke daerah asal, ketika SIM telah mendekati masa berakhir bisa tetap segera melakukan perpanjangan di manapun dengan mudah. Tidak hanya untuk para perantau saja, siapapun kini bisa memanfaatkan layanan SIM online karena memang sangat mudah dan tentunya bisa mempersingkat seluruh proses agar SIM baru bisa segera didapatkan. Apakah Anda termasuk orang yang sedang ingin memperpanjang SIM online? Jika benar, ketahuilah terlebih dahulu bagaimana cara memperpanjang SIM online yang akan dibagikan di sini.


Syarat Dan Cara Memperpanjang SIM Online :


Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membahas cara memperpanjang SIM online adalah syarat perpanjangan SIM online. Syarat untuk bisa memperpanjang SIM online bermacam-macam yaitu syarat waktu, syarat dokumen, dan mengikuti semua prosedur.

Untuk yang pertama adalah syarat waktu perpanjangan SIM. Jika Anda telah memasuki akhir masa berlaku SIM maka segeralah untuk memperpanjganya. Ya, SIM bisa diperpanjang masa berlakunya jika tidak melewati batas masa tenggang untuk perpanjangan.

Masa tenggang perpanjangan SIM hanya 3 bulan sejak masa berlaku habis. Jika melewati batas tersebut, SIM Anda dianggap kadaluwarsa dan harus membuat SIM baru yang tentunya memerlukan prosedur yang lebih panjang.

Maka dari itu, jika telah mendekati masa berakhir harus segera mengurus perpanjangan SIM. Anda bisa memperpanjang SIM terhitung sejak 14 hari sebelum masa berakhir tiba.

Syarat lainnya merupakan syarat umum yang sudah diketahui banyak orang dan mudah dipahami. Syarat lain yang harus dimiliki adalah :

  1. e-KTP asli dan salinannya, 
  2. SIM lama yang akan diperpanjang masa berlakunya, 
  3. dan juga mengikuti semua prosedur termasuk tes kesehatan hingga prosedur lainnya agar bisa masuk ke tahap pengambilan SIM.

Prosedur Dan Cara Memperpanjang SIM Online :

Untuk Anda yang ingin tahu seperti apa cara memperpanjang SIM online, langsung saja inilah dia ulasan lengkapnya:

1. Kunjungi Situs Layanan SIM Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasuki situs layanan SIM Online. Anda bisa memasuki situs resmi dari Polri dan memilih menu Pelayanan dan terakhir pilih menu Pendaftaran SIM Online. Langkah mudahnya, cukup ketikkan sim.korlantas.polri.go.id pada browser Anda, berikut penampakan situs Polri :

Cara Memperpanjang SIM Online

2. Masuk ke Pendaftaran SIM Online

Setelah masuk ke situs tersebut nantinya akan muncul 4 pilihan menu utama. Yang harus Anda pilih adalah menu bagian paling kiri dari layar Anda atau klik menu Pendaftaran SIM Online.

Cara Memperpanjang SIM Online

Setelah itu akan muncul informasi awal yang harus Anda ketahui terkait pendaftaran SIM Online. Ada beberapa hal yang harus dimengerti oleh Anda sebelum melanjutkan proses.

  • Pertama, layanan SIM Online termasuk perpanjangan SIM Online hanya bisa dilakukan di Satpas yang sudah memiliki sistem online. Saat ini hampir semua daerah sudah bisa menerima sistem online untuk layanan SIM dan jika Anda ingin tahu lebih rinci bisa mencari informasi satpas yang sudah online pada tautan yang dibagikan di sana. 
  • Kedua, perpanjangan SIM hanya bisa untuk dua jenis SIM saja yaitu SIM A dan C. Setelah itu, klik lanjut untuk melanjutkan proses pendaftaran.

3. Mengisi data permohonan

Tahapan selanjutnya adalah mengisi data permohonan. Ada isian yang harus dilengkapi dengan benar oleh Anda.

Cara Memperpanjang SIM Online


  • Pertama adalah jenis permohonan. Klik pada menu tersebut dan ubah menjadi perpanjangan SIM.
  • Kedua, pilih jenis SIM yang akan Anda perpanjang. 
  • Ketiga, Anda harus memasukkan email yang aktif. 
  • Dan selanjutkan, pilih juga Satpas yang akan Anda datangi setelah proses pendaftaran selesai. Jika sudah, klik lanjut untuk masuk ke pengisian data pribadi.

4. Mengisi data pribadi dan data keadaan darurat

Ada banyak isian yang harus dilengkapi secara teliti mengenai data pribadi. Mulai dari NIK, nama lengkap, tinggi badan, dan sebagainya. Masukkan secara lengkap dan juga harus teliti agar semua data diri yang dimasukkan merupakan data yang benar.

Setelah selesai dan klik tombol lanjut, Anda juga harus mengisi data keadaan darurat. Isian ini merupakan penunjukan orang terdekat Anda yang bisa dihubungi.

5. Konfirmasi

Setelah itu, yang perlu Anda lakukan hanya tinggal mengkonfirmasi data dan mengisi tanggal kedatangan. Tahapan ini menuntut Anda untuk mengecek ulang semua isian data yang telah dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang berdampak Anda tidak bisa melakukan perpanjangan SIM.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi tanggal kedatangan Anda. Jika sudah nantinya akan muncul tanda bahwa Anda telah berhasil melakukan pendaftaran online. Dan juga, Anda akan menerima email sebagai buktinya yang harus dicetak untuk melanjutkan tahap selanjutnya.

6. Menyerahkan berkas ke tempat layanan perpanjangan SIM Online

Setelah mendapatkan bukti pendaftaran online, Anda bisa pergi ke tempat pelayanan perpanjangan sim Online. Tempat yang bisa dikunjungi bisa sesuai kantor satpas yang telah diisikan tadi atau bisa juga mengunjungi gerai dan juga mobil SIM keliling.

Yang perlu Anda bawa adalah bukti surat pendaftaran online, kartu tanda penduduk Anda yang asli dan fotokopinya, surat keterangan dokter, dan tentu saja SIM lama Anda.

7. Tahap akhir

Setelah semua syarat dokumen terverifikasi, Anda bisa melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui kantor cabang Bank BRI manapun atau bisa juga menggunakan mesin EDC dan juga ATM. Jika sudah membayar, Anda akan mendapatkan tanggal untuk foto, pemberian sidik jari dan pembubuhan tanda tangan dan pengambilan SIM baru Anda.

Bagaimana, sudahkah Anda paham dengan cara memperpanjang SIM online yang harus dilakukan? Ulasan cara dan prosedur tadi merupakan rangkuman yang tersedia di situs resmi pelayanan sim diwebsite resmi Polri.

Pastinya sangat mudah memahami segala hal yang harus disiapkan dan dijalani untuk memperpanjang SIM baru secara online. Dengan begitu, Anda tidak harus pergi ke kampung halaman sesuai KTP dan bisa mengurus perpanjangan SIM dengan mudah dan cepat.

Untuk Anda yang belum tahu secara rinci mengenai tempat pelayanan SIM online, Anda bisa melakukan beberapa cara. Seperti yang telah dijelaskan tadi, terdapat 3 jenis tempat yaitu kantor Satpas, mobil SIM keliling dan juga gerai di mal. Untuk mengetahui satpas mana saja yang bisa melayani layanan SIM online Anda bisa mengeceknya di situs resmi SIM online Polri tadi.

Untuk jadwal mobil SIM keliling yang terdekat di kota Anda, bisa mencarinya dari berbagai media sosial yang dikelola Polri, Samsat kota dan daerah, dan juga berbagai akun informasi kota Anda yang dikelola swasta. Sedangkan untuk keberadaan gerai di mall yang menerima cara memperpanjang sim online, Anda bisa mencarinya dari berbagai sumber karena tidak semua mall disedikan gerai resmi dari Polri untuk layanan SIM online.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar