Cara Pembayaran SIM Online Mudah dan Cepat

Cara Pembayaran SIM Online Mudah dan Cepat
Cara Pembayaran SIM Online Mudah dan Cepat
Cara Pembayaran SIM Online Mudah dan Cepat
Cara pembayaran sim online sendiri sangat mudah, yakni bisa melalui transfer rekening bank atau ketika mengambil sim baru di samsat yang sudah Anda tuju. Ya, melakukan perpanjangan sim meskipun itu secara online dan praktis, namun Anda harus tetap mengambil sim baru Anda di samsat yang bersangkutan.

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah salah satu hal yang wajib dibawa ketika sedang berkendara, oleh karena itu Anda harus selalu memastikan bahwa SIM Anda masih dalam masa berlaku. SIM yang kadaluarsa akan membuat Anda jatuh ke dalam masalah, polisi lalu lintas akan memberikan surat tilang aibat dari SIM yang sudah tidak lagi berlaku tersebut.

Semenjak bertahun-tahun lalu, memperpanjang SIM harus melalui prosedur yang rumit dan datang langsung ke samsat. Tentunya bila Anda kebetulan sedang jauh merantau di kota lain, maka Anda harus pulang terlebih dahulu ke kota Anda untuk sekedar memoerbaharui SIM milik Anda.

Namun saat ini sudah ada metode yang lebih mudah untuk memperpanang SIM, Anda dapat memanfaatkan layanan SIM online atau SIM keliling yang seringkali singgah di beberapa tempat.

Kemudahan saat ini adalah hal yang paling utama bagi kebanyakan orang, sebab saat ini kita sudah memasuki zaman yang sibuk, cara pembayaran sim online pun sangat mudah. Orang-orang menginginkan yang serba mudah dan cepat dalam kegiatan sehari-harinya.

Seperti pembayaran tagihan, pembelian, pemesanan dan lain sebagainya. Terbukti saat ini dengan adanya toko online yang melayani seluruh kebutuhan masyarakat, mulai dari pakaian, elektronik dan lain sebagainya. Ada pula bermunculan aplikasi yang memudahkan dalam berbagai macam pembayaran tagihan, semua bisa dikerjakan hanya dengan satu tangan dan dari mana saja.

Mengenai sim online sendiri, sim online bisa dijadikan sebagai alternatif untuk memperpanjang sim Anda cara pembayaran sim online pun mudah. Pada umumnya layanan ini dimanfaatkan oleh mereka yang jauh dari rumah, orang yang merantau tentu saja KTP dan SIMnya masih beralamatkan dengan alamat asal mereka di kampung halaman.

Layanan ini sangat ampuh untuk memperpanjang sim mereka yang jauh dari rumah. Untuk pulang sendiri dan hanya melakukan perpanjangan sim, maka itu akan membutuhkan waktu yang lebih. Tentu saja kesibukan di kota rantau akan membuat seseorang tidak bisa begitu saja pulang. Waktu adalah hal yang sulit bagi orang yang merantau tersebut.

Meskipun basisnya adalah online, namun tetap saja persyaratan yang dibutuhkan adalah sama halnya dengan syarat pengajuan perpanjangan sim secara langsung. Teknologi online hanya akan menyamakan data yang dibutuhkan untuk memperpanjang sim saja.

Semua proses sebenarnya sama saja, hanya dilakukan secara online dan dari jauh saja. Dengan kata lain secara online. Dalam proses perpanjangan sim, ada beberapa prosedur yang harus Anda lakukan sebagaimana datang ke samsat secara langsung.

Membuat SIM melalui online juga bisa Anda lakukan, syarat yang harus diupload adalah surat kesehatan, ktp dan lain-lain. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran dengan cara melakukan transfer agar pengajuan Anda segera diproses.

Cara Pembayaran SIM Online : Di Mana Anda Dapat Melakukan Perpanjangan SIM?

Sebenarnya cara pengajuan perpanjangan sim sendiri dapat dilakukan di banyak tempat dengan berbagai macam metode. Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat Anda datangi untuk memperpanjang sim Anda.

1.Kantor SAMSAT atau Satuan Penyelenggara Administrasi SIM
Di berbagai daerah pasti ada yang namanya kantor samsat, Anda tinggal menyesuaikan dengan regional Anda tinggal. Layanan di samsat adalah layanan yang paling lengkap dan dapat melayanai apa saja, mulai dari perpanjangan sim, pembuatan sim, perpanjang stnk dan lain-lain. Sudah banyak sekali samsat kota yang sudah terintegrasi dengan layanan online.

Oleh karenanya Anda akan lebih mudah dan tidak perlu khawatir dengan layanan yang Anda ajukan. Anda dapat mengecek web polri untuk melihat secara lengkap daerah mana saja yang sudah terintegrasi dengan layanan online.

2. Gerai sim
Gerai sim biasanya buka di sejumlah pusat keramaian seperti mall. Anda akan dengan mudah menjumpainya, kelebihannya adalah tetap buka di hari minggu. Anda dapat melakukan perpanjangan terhadap pengajuan sim di gerai tersebut.

3. Sim keliling
Layanan tersebut adalah layanan resmi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Anda jadi tidak peru lagi untuk datang ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dan melakukan perpanjangan secara manual di sana. Namun saat ini, pada beberapa hari tertentu, Anda dapat melakukan perpanjangan SIM di beberapa titik yang sudah dituju oleh SIM keliling tersebut.

Hal tersebut akan lebih mudah dan praktis bukan? Ada hal yang perlu Anda ketahui bahwa SIM keliling hanya melayani perpanjangan sim saja dan tidak melayani pembuatan sim. Untuk pembuatan sim sendiri, maka Anda harus langsung datang ke kantor samsat di kota Anda. Meskipun begitu, layanan sim keliling sudah sangat membantu masyarakat dalam layanan sim.

Ketentuan dan Cara Pembayaran Sim Online

Ketentuan dan cara pembayaran sim online ini akan dibahas pada kesempatan kali ini. Sebagaimana dengan layanan sim lainnya, seperti sim keliling sim online hanya melayani perpanjangan saja. Kalau membuat sim untuk pertama kalinya harus tetap mendatangi samsat seuai dengan domisili tinggal.

Sim yang bisa diperpanjang hanya sim A dan sim C saja. dalam melakukan perpanjangan sim secara online Anda harus melakukan upload sejumlah berkas seperti halnya ketika melakukan perpanjangan secara langsung. Berkas yang perlu diupload adalah sebagai berikut ini.

  1. KTP asli dan yang masih berlaku
  2. Sim lama
  3. Surat keterangan lulus ujian keterampilan simulator berkendara
  4. Formulir pengajuan
  5. Biaya

Perpanjangan sim secara online juga harus dibayar, proses akan dijalankan apabila sudah melakukan pembayaran dengan baik dan lunas.

Besaran biaya yang diperlukan adalah sebesar Rp. 80.000 untuk sim A atau mobil dan Rp. 75.000 untuk sim C atau motor.

Sedangkan untuk biaya tes kesehatan adalah tergantung dari masing-masing lokasi daerah Anda tinggal. Sedangkan biaya asuransi kecelakan kalau ingin memiliki adalah sebesar Rp. 30.000.

Namun biaya tersebut tidak wajib untuk dibayarkan kalau Anda merasa tidak perlu memiliki asuransi.

Itulah tadi artikel mengenai cara pembayaran sim online yang sangat mudah. Pembayaran sendiri dapat dilakukan melalui transfer bank atau melalui kantor pos. Cukup mudah dan praktis bukan?  Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah salah satu hal yang wajib dibawa ketika sedang berkendara, oleh karena itu Anda harus selalu memastikan bahwa SIM Anda masih dalam masa berlaku. SIM yang kadaluarsa akan membuat Anda jatuh ke dalam masalah, polisi lalu lintas akan memberikan surat tilang akibat dari SIM yang sudah tidak lagi berlaku tersebut.

Jangan menunggu sampai masa berlaku sim habis baru kemudian melakukan perpanjangan. Selalu kondisikan diri Anda dalam keadaan yang baik dan jauh dari permasalahan. Semoga bermanfaat, terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar