Amalan Utama Dalam Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Sesuai Sunnah

Amalan Utama Dalam Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Sesuai Sunnah
Amalan Utama Dalam Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Sesuai Sunnah
Amalan Utama Dalam Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Sesuai Sunnah
Amalan Utama Dalam Bulan Ramadhan Yang Dianjurkan Sesuai Sunnah - beberapa minggu lagi umat Islam akan memasuki bulan yang paling ditunggu-tunggu yaitu bulan suci Ramadhan, ciri-cirinya adalah iklan-iklan minuman dan makanan lebih sering tampil di televisi. Pada bulan tersebut kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, makanya bulan Ramadhan lebih sering disebut dengan bulan puasa.

Keistimewaan lain bulan Ramadhan adalah bulan penuh barokah, ampunan dan bulan penuh kebaikan, dimana semua perbuatan baik atau amalan baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Bahkan Allah membuka pintu pengampunan seluas-luasnya bagi hambanya yang ingin bertaubat dan memohon ampun serta kembali kepada jalan-Nya.

Bukan hanya itu saja, rejeki juga dilimpahkan lebih banyak pada bulan ini, seperti munculnya buah-buahan, makanan dan minuman yang tidak ada pada bulan biasa, maka dari itu banyak orang yang memanfaatkannya menjadi peluang bisnis usaha menjelang Ramadhan.

Untuk itu janganlah menjadi pribadi yang rugi ketika kesempatan ini tiba, sambutlah dengan sungguh-sungguh, karena tidak sedikit orang yang melewati bulan puasa ini tanpa mendapat apa-apa, kecuali lapar dan haus.

Tunaikan ibadah puasa dengan hati yang bersih dan keiklasan hanya karena Allah saja, sebagai pembuktian ketaatan kita kepada-Nya.

Selain Allah mewajibkan puasa pada bulan Ramadhan, ada berbagai amalan yang disunahkan pada bulan ini,  agar memaksimalkan ibadah puasa kita sekaligus menjadi pelengkap dan penyempurna ibadah wajib kita di bulan suci Ramadhan ini, seperti dibawah ini :

Amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dianjurkan:

Dibawah ini telah admin bagikan daftar beberapa amalan-amalan sunnah di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan ketika sedang berpuasa, tanpa harus meninggalkan ibadah atau amalan wajib, apa saja?, oke untuk lebih detailnya silahkan dibaca :

1. Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan disebut juga bulan Al-Qur'an, karena pada bulan inilah wahyu pertama kali turun dari lauhul mahfuz ke langit dunia sekaligus, seperti firman Allah SWT dibawah ini :

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)(al baqarah: 185).

Tirulah kebiasaan Rasulullah SAW dan para sahabat di bulan Ramadhan, mereka melebihkan membaca Al-Qur'an secara rutin di bulan suci ini,

Apalagi sampai bisa mengkhatamkannya, namun jangan fokus karena ingin mengkhatamkan, karena dikhawatirkan jika seperti itu biasanya dibaca secara ngawur, karena kita semua diperintahkan untuk membaca Al-Qur;an dengan perlahan (tartil), baca dengan baik dan benar tanpa terburu-buru, karena jika merubah pengucapan seperti panjang pendek huruf dapat merubah arti,

Dibulan Ramadhan ini pahala membaca Al-Qur'an dilipatgandakan, jika dibulan biasa satu huruf mendapat satu pahala, jika di bulan ini satu huruf dihitung dua kalinya, bahkan berlipat-lipat, untuk itu cukup rugi jika kita tidak melakukannya,

Lakukan tadarus dengan iklas tanpa terpaksa dan semata-mata hanya karena Allah SWT agar yang kita lakukan tidak sia-sia,

Baca juga : Menguji keimanan iblis dengan manusia

2. Ibadah shalat tarawih

Untuk ibadah sunnah yang satu ini, hanya ada di bulan Ramadhan saja, tidak ada pada bulan yang lain, jadi jangan lewatkan kesempatan yang satu ini, walaupun sunnah tapi pahala yang kita dapat lebih besar daripada bulan-bulan yang lain, seperti sabda Rasulullah SAW dibawah ini :

“Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah shalat 11 rakaat, terkadang 13 rakaat atau kurang dari itu.

Ketika ditanya tentang shalat malam beliau bersabda:

“Dua rakaat dua rakaat, jika seseorang diantara kalian khawatir masuk waktu subuh hendaklah shalat satu rakaat witir.”

Tidak harus dimasjid, sholat ini juga bisa dilakukan di rumah jika Anda memiliki pekerjaan dan tidak sempat ke masjid, jadi jangan lewatkan meskipun ibadah sholat tarawih ini sunnah, karena belum tentu kita akan bertemu kembali pada bulan Ramadhan tahun depan.

Baca juga : Kiat sehat dengan sholat

3. Memperbanyak berdoa

Orang yang sedang berpuasa termasuk orang yang doanya mustajab, kenapa? karena orang yang sedang berpuasa, hatinya bersih dan orang yang berhati bersih doanya akan cepat terkabulkan,

Oleh karenanya perbanyaklah berdoa ketika kita sedang berpuasa. Dan perbanyaklah berdoa untuk kebaikan diri kita sendiri, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia.

4. Memberi makan untuk buka puasa (tafthir shaim)

Makanan untuk berbuka puasa biasa disebut dengan ta'jil, hendaknya kita berusaha untuk selalu memberikan ifthar (makanan berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir korma sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

” Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (Bukhari Muslim)

Pada bulan ini saatnya kita menjalin persaudaraan sesama muslim, dengan berbagi sekaligus bersimpati ikut merasakan penderitaan saudara muslim kita yang tidak beruntung.

5. Perbanyak bersedekah dan bersodaqoh

Pada bulan ini pula, melalui sedekah kita mendapat keuntungan pahala yang juga berlipat ganda dibanding bulan biasa, seperti sabda Rasulullah SAW dibawah ini :

 “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi).

Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

Baca juga : Pentingnya sikap humanis dalam kehidupan

6. I’tikaf di masjid

I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan,  karena Rasulullah Saw. selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir (malam Lailatul Qodar) dan para istrinya juga ikut I’tikaf bersamanya.

Meskipun hanya berdiam diri atau duduk didalam masjid asal diniatkan untuk i'tikaf kita tetap mendapat pahala, namun hendaknya kita melaksanakan I’tikaf dengan memperbanyak zikir, istigfar, membaca Al-Qur’an, berdoa, shalat sunnah dan lain-lain, agar pahala yang didapat sempurna.

7. Ibadah Umroh

Bagi Anda yang memiliki rejeki lebih, ramadhan adalah waktu terbaik untuk melaksanakan umrah, karena umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala seperti pahala haji bahkan pahala haji bersama Rasulullah Saw. seperti sabda beliau:

“Umroh pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.” (HR. Bukhari Muslim)

8. Berlomba dalam berbuat kebaikan

Bulan Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah ‘rekening’ pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Raihlah setiap peluang dan kesempatan untuk berbuat kebaikan sekecil apapun meskipun hanya ‘sekedar’ tersenyum di depan orang lain. Ciptakanlah kreasi dan inovasi dalam berbuat kebaikan agar saldo kebaikan kita terus bertambah.

9. Menyegerakan untuk berbuka puasa

Segera berbuka bila waktu berbuka telah tiba, karena menurut sabda Rasulullah SAW hal tersebut dapat membawa kebaikan, awali berbuka dengan makan yang manis-manis seperti kurma jika tidak ada minum air kemudian dilanjutkan dengan sholat.

10. Makan sahur

Makan sahur jika diniatkan untuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT maka dapat disebut sunnah, dengan makan sahur kita dapat menjaga stamina ketika menjalankan ibadah puasa, selain itu dalam makan sahur juga terdapat keberkahan, seperti sabda Rasulullah SAW dibawah ini :

“Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah” (HR. Bukhari Muslim)

11. Tidak berkata kotor dan kasar

Salah satu hikmah di bulan puasa yang kita dapatkan adalah menahan amarah dan emosi, untuk itulah perkataan kotor dan kasar dapat membuat hati kita juga kotor, perbanyaklah dengan membaca istighfar dan sholawat ketika emosi dan marah.

Demikian artikel tentang amalan-amalan utama di bulan Ramadhan yang dianjurkan sesuai sunnah ini, semoga kita termasuk orang-orang yang dapat memanfaatkan momentum Ramadhan untuk merealisasikan ketakwaan diri kita dan bisa meraih predikat “bebas dari neraka.”, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar