Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen

Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen
Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen
Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen
Cara ternak ikan lele supaya cepat besar dan panen, banyak sekali yang bisa dilakukan. Saat ini memiliki usaha ternak ikan lele merupakan salah satu usaha sampingan maupun usaha utama yang cukup menjanjikan jika dilihat dari segi keuntungan yang didapat. Jika berbicara keuntungan maka pasti ada usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksial dalam usaha ikan lele ini maka anda harus memiliki keuletan, konsistensi dan juga fokus dalam melakoni usaha ini. bisnis ternak ikan lele tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini karena mudah untuk menjalankannya. Namun ada beberapa tips dan trik tersendiri agar mampu memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini.

Tahapan Ternak Lele Agar Untung Maksimal

Cara ternak ikan lele supaya cepat besar memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pertaman dalam membuat usaha ternak ikan lele mengahsilkan keutungan yang maksimal adalah dengan menyiapkan kolam ikan yang berkualitas.

Ada beberapa tips dalam membuat kolam ikan lele supaya menghasilkan kualitas ikan lele yang baik seperti dibawah ini :

  1. Yang pertama adalah dengan memilih lokasi kola ikan yang strategis.
  2. Usahakan kolam ikan terletak agak jauh dari pemukiman warga,
  3. Kolam ikan dekat dengan akses jalan dan memiliki akses ke sumber air yang dekat.
  4. Untuk ukuran lahan yang akan digunakan untuk membuat kolam ikan baiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda. hal ini karena ikan lele tidak terlalu memiliki masalah dengan uuran lahan atau kolam yang akan menjadi media atau tempat pertumbuhan ikan tersebut. ikan lele dapat berkembang dan tumbuh dengan ukuran kolam ikan yang kecil maupun besar.


Cara ternak ikan lele supaya cepat besar adalah dengan memilih bibit atau benih ikan lele yang nantinya akan menjadi ikan lele yang dipanen. Dalam memilih benih ikan lele harus memilih ikan yang bagus.

Ada beberapa ciri yang biasanya menandakan bahwa ikan tersebut memiliki kualitas yang baik. Biasanya ikan lele dengan kualitas yang baik memiliki ukuran tubuh yang normal dengan usianya, kemudian memiliki kulit yang licin ketika dipegang, gerakan renangnya lincah.

Untuk mengetes apakah lele tersebut merupakan bibit atau benih yang unggul, taruh saja bibit atau benih ikan tersebut pada air yang memiliki arus, jika ikan tersebut berenang dengan melawan arus maka bisa diprediksi bahwa ikan tersebut merupakan ikan yang baik untuk dijadikan benih.

Selain itu ika yang bagus untuk dijadikan benih adalah ikan yang terbebas dari tanda-tanda penyakit. Hal ini diperlukan karena ikan yang sudah memiliki tanda-tanda penyakit otomatis sangat tidak diajurkan untuk dijadikan sebagai bibit atau benih untuk beternak ikan lele.

Cara ternak ikan lele supaya cepat besar yang selanjutnya adaah dengan memberi pakan yang berkualitas. Ada banyak sekali aturan yang digunakan untuk memberikan pakan ikan lele supaya bisa memaksimalkan pertumbuhannya.

Mulai dari pengaturan jadwal, takaran makan hingga jenis makannya. Biasanya ikan lele diberi pakan setiap hari sebanyak 4 kali. Penentuan waktu makan biasanya ketika pagi hari, kemudian siang hari, sore hari dan yang terakhir adalah malam hari.

Pemberian makan ini sangatlah berpengaruh bagi pertumbuhan si ikan. Usahakan pemberian makan diperbanyak ketika sore dan juga malam hari, hal ini dikarenakan ikan lele merupakan hewan yang lebih aktif pada malam hari, oleh karena itu pemberian makan ketika malam hari harus lebih diperbanyak daripada siang ataupun pagi hari.

Kemudian selanjutnya adalah takaran makan juga harus diperhatikan biasanya ikan lele diberikan pakan di angka 3-6 % dari berat atau bobot tubuhnya di setiap harinya.

Contohnya adalah jika ada seekor ikan lele yang memiliki bobot 50 gr, maka pakan untuk ikan lele tersebut yang dianjurkan adalah sekitar 2,5 gr atau 5 % dari berat atau bobot tubuhnya secara keseluruhan.

Baca juga : Cara ternak lele untuk pemula

Jenis makanan ikan lele yang mempercepat pertumbuhan

Jenis pakan ikan lele yang baik untuk mempercepat pertumbuhannya adalah pakan yang bisa meningkatkan pertumbuhan ikan lele tersebut dan juga hasil produksi dari ikan lele itu sendiri.

Pakan lele harus mampu untuk bisa memenuhi nilai rasio dari pemberian pakan dengan adanya penambahan bobot atau berat yang tak kurang dari satu. Oleh karena itu, pemberian pakan dengan jumlah sebanyak 1 kg nantinya bisa menambah berat atau bobot tubuh ikan lele tersebut sebanyak 1 kg juga.

Dalam pemilihan pakan ikan lele yang baik dan telah terstandardisasi adalah harus memiliki gizi yang lengkap di setiap pakannya, pakan tersebut harus mengandung gizi yang komplit untuk bisa menunjang petumbuhan ikan lele tersebut, yaitu sekitar 50% merupakan nutrisi pakan yang bagus untuk bisa lebih mempercepat pertumbuhan dan perkembangan dari ikan lele berkisar antara angka 25-35% dengan gizi protein. 4-18%, merupakan gizi lemak dan juga 10-20% merupakan karbohidrat.

Inilah beberapa jenis atau merek pakan dan juga vitamin bagi ikan lele yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele tersebut karena mampu memiliki nutrisi yang komplit bagi pertumbuhan ikan lele tersebut.

1. Keong Mas

Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen

Keong mas merupakan salah satu jenis pakan yang baik bagi ikan lele dan merupakan pakan alternatif bagi banyak ikan ternak lainya, kandungan gizi yang dimiliki oleh keong mas ini cukup tinggi dan itulah yang menjadi alasan utama keong dipilih salah satu pakan terbaik bagi ikan lele, jika dilihat di dunia pertanian keong mas merupakan salah satu hama pengganggu yang bisa membuat petani padi menjadi gagal panen.

Namun bagi para pembudidaya ikan lele, dengan adanya keong mas yang disebut sebagai hama bagi padi itu bisa menjadi keuntungan.

2. Ikan Rucah

Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen

Ikan rucah juga faktanya memiliki gizi yang bisa dibilang cukup tinggi, jenis pakan yang satu ini dianggap sebagai ikan yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele karena seperti keong mas tadi, ikan rucah juga memiliki kadar protein yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, ikan ini sangat dianjurkan untuk dimanfaatkan sebagai pakan ikan lele.

3. Cacing sutra

Cara Mudah Beternak Ikan Lele Supaya Cepat Besar dan Panen

Ikan lele baik jika diberi makan dengan cacing sutera, banyak yang bilang cacing suter bisa mempercepat pertumbuhan dari ikan lele. Jenis pakan yang satu ini juga termasuk ke dalam kelompok pakan alami ikan dari ikan.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cacing ini adalah karena cacing ini memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga sangat mudah untuk dapat dicerna oleh ikan lele.

Cara ternak ikan lele supaya cepat besar diatas merupakan cara-cara atau tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan atau perkembangan ikan lele. Jika anda serius dalam membudidayakan ikan lele, maka teruslah fokus untuk bisa bertahan di usaha ini karena usaha ternak lele ini membutuhkan konsistensi dalam melakoninya. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar