Review Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz GLS

Review Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz GLS
Review Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz GLS
Review Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz GLS
Review Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz GLS  - review ini saya buat berdasarkan penilaian saya pribadi, apabila ada yang kurang berkenan mohon di maklumi, dan apabila ada kekurangan tolong ditambahin di kolom komentar, lama pemakaian mobil ini sekitar 1 bulan dengan rute dalam dan luar kota, dan perlu di ketahui mobil yang saya pakai adalah Hyundai Atoz GLS buatan tahun 2005.

Jujur saja, ini baru pertama kali saya meminang city car buatan Korea ini, sebelumnya saya sudah pernah pake mobil Korea namun dengan jenis sedan. Banyak yang ‘nyinyir’ dengan brand mobil tua ini, tapi pengalaman mengalahkan segala nya untuk mencoba mobil tua ini.

Saya membeli mobil Hyundai ini dengan harga 56jt dengan kondisi nyaris tidak ada perbaikan yg terlalu banyak menghabiskan tabungan, selama memakai mobil ini saya hanya mengganti oli, timing belt, perbaikan ringan understell. Oke cukup pembukaan nya, mari lajutkan ke sesi yang lebih mendetail.

Kelebihan dan kelemahan mobil Hyundai Atoz GLS

Dibawah ini adalah sedikit review tentang kelebihan dan kelemahan Hyundai Atoz yang saya rasakan selama memakai mobil pabrikan Korea ini, apa saja, silahkan dibaca tulisan dibawah ini :

Dari segi Eksterior Hyundai Atoz:

Mobil Hyundai type Atoz ini memiliki bentuk body yang membulat, lampu belakang berada agak keatas membuat pengendara di belakang lebih mudah melihat tanda dari lampu2 ini, maklum mobil kecil kalo lampu nya agak ditaruh bawah kurang begitu terlihat oleh pengendara dibelakang apalagi kalo pengendara belakang nya pake mobil besar/jangkung.

Mobil ini juga dilengkapi dengan wiper belakang, semprotan air, deflekta, dan ada lampu stop kecil di tengah kaca belakang. Sebenarnya di bumper belakang ada fitur handbrake lamp, namun untuk versi yang masuk di Indonesia lampu tersebut diganti dengan reflector saja.

Pada bagian samping kanan kiri terlihat tidak banyak body moulding (ini yang saya suka) mengapa saya suka, karena body moulding itu kalo udah rusak, mahal part nya dan jarang yang jual.

Terkadang juga pada bagian body moulding tersebut bocor dan air bisa masuk didalamnya sehingga bisa membuat mobil keropos.

Fitur lainya yaitu ada spion model mendatar yang bisa di setel secara manual dari dalam (ada tuasnya), foglamp, lampu senja yang menyatu dengan lampu Utama.

Baca juga : Bagaimana cara memperpanjang SIM Online?

Dari segi Interior Hyundai Atoz:

Melihat interior nya Anda akan terperangah atau terkejut dibuatnya, saya sendiri sempat terkejut melihat fitur interiornya namun sekali lagi saya sudah bicarakan sebelumnya bahwa “pengalaman mengalahkan semuanya” maka saya mencoba untuk memaklumi sisi interiornya.

Mari kita bahas satu per satu interior mobil Hyundai Atoz ini.

Dasboard mobil ini benar-benar minim fitur, tidak ada laci nya!! Iya betul laci nya ga ada, Cuma pihak Hyundai mengganti laci yang di dashboard tersebut dengan ada nya 2 locker dibawah jok depan yang cukup untuk menyimpan beberapa barang pribadi Anda, kalo saya biasanya nyimpan sandal atau alat sholat disitu.

Dua speaker juga di tempatkan di dalam dashboard. Tombol2 terlihat manis di dashboard, sebut saja ada tombol pemanas kaca belakang (defogger), foglamp dan emergency light.

Tombol-tombol tersebut juga menyala saat lampu senja dinyalakan agar mudah dipandang mata. Console tengah menyediakan 2 lubang utk minuman dan 1 lubang untuk penumpang belakang, ada juga tempat coin.

Pada bagian pintu bagian depan disediakan power window lengkap dengan arm rest. Lagi2 bentuk switch nya yang bikin saya ilfill, tombol-tombol nya terlihat ringkih dan murahan ga jauh beda seperti switch lampu rumahan saya.

Serta power window juga tidak dilengkapi dengan auto window, yaitu fitur yang bisa membuka atau menutup jendela dengan cara menekan tombol sekali tekan saja. Lagi-lagi mobil dengan keluaran masih muda tapi fitur nya ga WOW..

Fitur kisi-kisi AC dibuat dengan model membulat, tidak ada penutupnya. Jadi kalo kedinginan ya harus menurunkan suhu AC yang ada di panel. Fitur pengaturan AC bisa dibilang cukup lengkap sebut saja ada pengaturan tingkat dingin dan panas yg berfungsi normal di mobil ini, semburan angin dan tingkat speed kipas nya, ada juga pengaturan pengambilan angin dari dalam atau luar.

Speedometer juga tidak di lengkapi dengan tachometer!!! ya ampunn.. ini mobil tahun 2005 lho masih ga ada tachometernya padahal tipe tertinggi di kelas nya OMG!!!..

Tingkat kekedapan di dalam kabin sangat bagus sekali menurut saya, suara mesin bisa diredam dengan baik, saya pernah nyetir dengan kecepatan 100km/j dan suara mesin pun masih tidak terlalu bising bila di bandingkan dengan kompetitornya.

Baca juga : Waspada!! jenis motor ini sasaran para begal 

Dari segi mesin Hyundai Atoz:

Mesin mobil ini berkapasitas 1000cc 4 cylinder bersistem injeksi, pengapian sudah double coil yang membuat performa mobil ini baik dan lebih irit, namun seperti pada kendaraan system injeksi lainnya mobil ini perlu perawatan yang rutin, kebersihan harus terjaga karena system sudah memakai sensor-sensor yang perlu dijaga kebersihan nya agar pembacaan tidak ngaco.

Pernah saya di kerjaain mobil ini, saat mobil berhenti di lampu merah, tiba-tiba rpm mesin naik turun.. setelah konsultasi dengan mekanik, sensor hanya perlu dibersihkan dengan cleaner dan mesin pun kembali normal.

Jujur saja saya sangat puas dengan performa mesin mobil ini, kecil tapi bertenaga. Layaknya mobil dengan cc kecil, jgn pernah berpikir nafas mesin nya juga besar ya, pokoknya tangan dan kaki harus sinkron untuk bisa berakselerasi dengan cepat.

Pernah saya pakai luar kota Surabaya – Situbondo, mau overtake saja perlu permainan kaki dan tangan yang tepat, kalo tidak bakalan susah utk nyalip mobil didepan. Pernah juga saya mau nyalip sampe abis nafas mesin nya, entah di RPM berapa karena mobil ini ga ada RPM nya.


Suspensi dan understell Hyundai Atoz:

Bagi yang terbiasa pake mobil Korea mungkin akan merasa “biasa” saja ketika memakai mobil ini, tapi bagi saya yang jarang pegang buatan Korea pasti akan sedikit terkejut.

Banyak yang bilang suspensi Hyundai Atoz ini keras, tp menurut saya sih masih medium, malah cenderung nyaman. Ga ada limbung, handling mantap, apalagi dipakai untuk jalanan dalam kota, tambah sip. Padahal kursi jok nya keras menurut saya, tapi begitu dipakai jalan rasanya suspensi bisa meredam dengan baik.

Baca juga : Aplikasi SIM Online untuk perpanjangan masa berlaku

Kesimpulan :

Bagi yang suka selap-selip di jalanan kota mobil ini rekomended alias worth to buy, harga yang wajar, handling bagus, suspensi nyaman, BBM irit, akselerasi bagus menjadi pilihan bagi anda yang mengesampingkan sebuah “BRAND” dan lebih mencari kendaraan sesuai dengan kebutuhan anda di jalanan perkotaan.

Ngomongin harga part sih relative sesuaikan dengan kemampuan dan budget masing-masing dulu (karena menurut saya masih terjangkau harganya), ngomongin ketersediaan part sih masih banyak mbah.. ga usah lebay bingung spare part.

Bengkel pun tidak rumit menurut saya karena mesin nya juga tidak terlalu canggih-canggih banget kok, masih bisa kalau bengkel pinggiran aja. Intinya selalu di bersihkan aja daerah-daerah yang berhubungan dengan sensor-sensornya.

Ngomongin harga Jual kembali, jelas akan jatuh karena mobil ini bisa dibilang hanya bagi penggemar atau pemakai yang tidak terlalu memikirkan harga jual nya.

Saya beli 56jt dan jual kembali 55jt hanya dalam waktu 1 bulan pemakaian serta beberapa perbaikan yang bersifat minor dan preventif.

Cukup sekian review kelebihan dan kelemahan Hyundai Atoz GLS dari saya ini semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat, terima kasih.

by : Faizal mutia
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar