Tips Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Tips Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar
Tips Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar
Tips Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar
Cara ternak lele yang baik dan benar agar dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dalam beternak ikan lele. Saat ini beternak lele merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan, bisnis di bidang peternakan ini diperkirakan bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan menggiurkan.

Ada beberapa tips dan trik bagi mereka khususnya bagi pemula dalam beternak ikan lele untuk bisa memaksimalkan keuntungannya ketika beternak ikan lele. Untuk bisa beternak ikan lele tak selalu memerlukan modal yang sangat besar, bagi para pemula yang ingin mencoba memulai beternak ikan ini bisa juga menggunakan modal yang tidak terlalu besar atau sedikit.

Hal ini dikarenakan ikan lele merupakan salah satu ikan yang bisa tetap bertahan hidup dalam kepadatan yang cukup tinggi dan juga lele memiliki tingkat konversi pakan yang cukup baik. Untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat dalam beternak ikan lele pastinya kita membutuhkan cara-cara yang baik, benar dan tepat supaya nantinya keuntungan yang didapat sesuai dengan harapan.

Jangan pernah asal-asalan dalam beternak ikan lele karena nanti malah akan membuat anda merugi. Oleh karena itu kita harus mempelajari tips cara ternak ikan lele yang baik dan benar ini.

Cara ternak lele dengan baik dan benar harus dipelajari oleh siapa saja yang ingin memulai bisnis ini. Karena sejauh ini, peternakan ikan lele yang berada di Indonesia memiliki 2 tujuan utama, yaitu Pembenihan ikan dan juga untuk Pembesaran ikan.

Kedua jenis peternakan ini memiliki kesamaan yaitu sama – sama untuk mendapatkan hasil yang berkualitas baik disetiap panenan.

Pembenihan ikan lele sendiri bertujuan untuk bisa menghasilkan kembali benih ikan lele yang berkualitas tinggi sehingga ikan tersebut mampu untuk bisa di kembangkan secara baik lagi kedepannya.

Sedangkan jenis Pembesaran ikan lele bertujuan agar dapat menghasilkan banyak ikan lele yang siap untuk di konsumsi oleh masyarakat. dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin dapat menambah informasi kepada Anda semua jika ingin memulai usaha beternak lele ini.

Tips Cara Ternak Lele Yang Baik

Dalam beternak ikan lele, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Hal yang paling pertama ketika ingin mejmulai usaha ternak ikan lele adalah dengan menyiapkan lahan atau tempat kolam untuk lele bisa tumbuh dan juga berkembang biak kedepannya.

1. Hal Yang Harus Dipersiapkan untuk beternak ikan lele

Penentuan lahan yang digunakan untuk berkembang biak dan bertumbuhnya ikan lele harus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, seperti lingkungan sekitar dimana kolam akan dibangun, keberadaan sumber daya manusia yang bisa diandalkan dan juga sumber anggaran atau sumber modal yang ada juga merupakan hal yang paling pertama dibutuhkan ketika anda akan memulai bisnis ternak lele ini.

Setelah berhasil memecahkan masalah tersebut, barulah anda dapat memutuskan kolam jenis apakah yang cocok untuk dipakai dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada diatas.

Ada beberapa tipe kolam ikan lele yang biasa digunakan untuk beternak ikan lele, diantaranya adalah:

  1. Kolam ikan jaring apung,
  2. Kolam ikan keramba,
  3. Kolam ikan tembok,
  4. Kolam ikan tanah dan 
  5. Kolam ikan terpal.

2. Pembibitan ikan lele

Ternak lele yang baik dan benar juga tak lupa harus memastikan benih atau bibit ikan lele sebelum ditaruh ke dalam kolam adalah benih ikan yang memiliki kualitas yang baik. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan mampu menghasilkan ikan yang sangat bagus untuk bisa dijual nantinya.

Ada beberapa ciri khusus yang terdapat pada bibit ikan lele yang berkualitas dan juga memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai bibit atau benih ikan lele unggulan, yakni:

  1. Ikan lele harus sehat dan juga bebas dari bibit penyakit yang bisa membuatnya mati,
  2. Tubuh ikan jika dipegang licin, 
  3. Kulitnya terlihat mengkilap, tidak ada suatu cacat apapaun pada tubuhnya dan 
  4. Gerakannya lincah serta gesit sehingga gaya renang ikan pun terlihat normal.


Hal yang biasa dilakukan untuk menguji gerakan bibit ikan lele adalah dengan menempatkan ikan lele pada arus air yang berlawanan. 

Jika bibit ikan lele tersebut terlihat berenang dengan menantang arah arus tersebut dan ikan tersebut mampu bertahan maka ikan tersebut masuk ke dalam salah satu ciri bibit ikan lele unggulan.

3. Cara Pemberian Pakan Ikan Lele Yang Baik

Memberikan pakan kepada ikan lele haruslah seimbang, jangan terlalu berlebihan ataupun terlalu sedikit. Pemberian pakan ikan lele harus menyesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Biasanya satu ekor ikan lele membutuhkan pakan sekitar 3-6 % dari bobot tubuhnya setiap satu harinya.

Contoh ketika ada ikan lele dengan bobot 50 gr, maka pakan yang dianjurkan untuk diberikan adalah 2,5 gr atau sekitar 5 % dari bobot tubuhnya secara kseluruhan. 

Dalam memberikan pakan kepada ikan lele juga memiliki jadwal tersendiri. Umumnya pemberian pakan kepada ikan lele adalah 4-5 kali setiap harinya.

Sebagai salah satu hewan yang nocturnal ikan lele biasanya aktif bergerak ketika malam hari, oleh karena itu pemberian pakan ikan ketika sore dan malam hari jumlahnya harus lebih banyak dari pada pagi hari.

Baca juga : Cara beternak lele supaya cepat besar dan panen

Memberikan pakan kepada ikan lele tidak boleh sampai terlambat, hal ini dikarenakan ikan lele memiliki sifat yang kanibal, dimana dia akan memangsa hewan sejenisnya yang memiliki ukurannya lebih kecil darinya untuk bisa memenuhi kebutuhan pangannya.

Pakan utama dari ikan lele adalah pellet namun jangan lupa untuk memberikan suplemen khusus kepada ikan lele agar bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele tersebut.

4. Masa Panen Ikan Lele

Beternak ikan lele yang baik dan benar juga harus memperhatikan masa panen ikan. Sejatinya ikan lele bisa dipanen kapan saja.

Namun kebanyakan peternak ikan lele memanen ikan lelenya setelah berusia sekitar 2,5 – 3,5 bulan dari ukuran benih yang tadinya sekitar 5 – 7 cm.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah ketika anda ingin memanen ikan, jangan memberi pakan terlalu banyak kepada ikan untuk meminimalisir kotoran ikan yang terlalu banyak ketika masa panen berlangsung.

Menjelang dua minggu sebelum masa panen, usahakan untuk mengurangi pakan yang awalnya 5 % dari bobot tubuh mereka kurangi hanya menjadi 3 % saja dari bobot tubuh ikan tersebut.

Saat satu hari atau 24 jam menjelang masa panen dilakukan, lebih baik ikan lele tidak di beri pakan sama sekali.

Beternak ikan lele yang baik dan benar sebenarnya tidak terlalu susah untuk dilakukan,  yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan juga konsistensi untuk mau terus berusaha mendapatkan keuntungan yang maksimal. Saat ini kebutuhan ikan lele di Indonesia bisa dikatakan sangatlah banyak, Karena tiap tahunnya hampir selalu terjadi peningkatan konsumsi dan permintaan ikan lele dari masyarakat. Oleh karena itu, beternak ikan lele bisa dikatakan suatu peluang yang cukup menjanjikan di Indonesia.
Baca juga:

Artikel Menarik Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar Sobat sesuai dengan topik artikel di halaman ini. Komentar yang berisi Link tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar