Apa Sih Sebenarnya Gugup Itu?

Apa Sih Sebenarnya Gugup Itu?
Apa Sih Sebenarnya Gugup Itu?
Apa Sih Sebenarnya Gugup Itu?
Apa Sih Sebenarnya Gugup Itu? - Gugup, hal yang satu ini sangat sering sekali dialami oleh mereka-mereka orang yang kurang PD atau percaya diri. Misalnya saja seperti anak-anak nolife yang seringkali merasa gugup dan canggung jika dihadapkan dengan keramaian, bertemu orang baru / asing, dan sebagainya. 

Nah, pertanyaanya adalah, Apa sih pengertian atau definisi dari kata gugup ini?. Jika anda ingin tahu penjelasannya, simak saja pembahasannya di bawah ini.

Arti kata gugup:

1. Arti kata gugup menurut KBBI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata gugup dapat diartikan sebagai "Berbuat atau berkata dalam keadaan tidak tenang, gagap, tergesa-gesa, dan bingung".

Nah, begitulah kiranya pengertian kata gugup di dalam KBBI.

2. Pengertian sifat gugup
Nah, dari definisi kata gugup yang sudah disebut diatas. Sudah nampak jelas pengertian dari kata gugup ini kan?.

Yang jelas, kata gugup dapat diartikan sebagai suatu sikap keragu-raguan atau khawatir terhadap segala apa yang diperbuatnya (individu), baik secara lisan maupun tindakan yang ditunjukkan kepada satu individu yang lain, maupun kelompok (keramaian).

Ya, pada intinya orang yang gugup merasa kurang pd dengan apa-apa yang akan diperbuatnya. Sehingga menimbulkan berbagai reaksi atau gejala kegugupan yang nampak pada dirinya.

Pada dasarnya manusia wajar jika pernah merasakan gugup pada dirinya, yang tidak wajar jika setiap bertatap muka atau berada dikeramaian. Mereka selalu gugup dan bingung sendiri, ini sudah masuk kedalam gejala penyakit psikologis. Misalnya saja seperti phobia sosial, dan lain sebagainya.

3. Ciri-ciri dan gejala orang yang gugup
Pasti anda sendiri pernah merasakan yang namanya gugup. Sehingga tanpa penjelasan yang panjang lebar, anda dengan sendirinya akan tahu dengan gejala atau reaksi yang ditimbulkan saat sedang gugup.

Biasanya orang yang gugup akan lebih sering :
  1. Merasa cemas.
  2. Panik.
  3. Banyak berkeringat.
  4. Salah tingkah (garuk-garuk kepala, tatapan mata yang bingung, dll).
  5. Berbicara terbata-bata, gagap ataupun tergesa-gesa.
  6. Merasa sakit perut, ingin buang air kecil, dll.
  7. Ingin lari atau kabur dari sesuatu yang membuatnya merasa gugup, dan lain sebagainya.
Baik kiranya cukup demikian penjelasan tentang apa itu gugup, semoga dengan membaca tulisan diatas dapat menambah pengetahuan kita semua, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog ini, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar