Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android
Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android
Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android
Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android - selamat datang sobat online shopers, pada kesempatan kali ini masih dengan tema yang sama yaitu keluh kesah berjualan di Lazada, dan pada kali ini penulis akan mencoba berbagi kepada sobat semua tentang bagaimana ribetnya jualan di Lazada menggunakan HP,

Sebenarnya tulisan ini adalah lanjutan dari posting sebelumnya yaitu tentang Pengalaman ribetnya berjualan di Lazada, sebelum sobat membaca tulisan ini ada baiknya sobat membaca artikel tersebut terlebih dahulu, agar sobat tidak salah faham,

Sengaja tulisan ini penulis pisah agar ulasan pada artikel kemarin tidak terlalu panjang, dan tulisan kali ini diharap bisa menjadi pelengkap pada tulisan tersebut, tidak perlu panjang lebar, karena penulis ingin mengulasnya secara singkat, jelas dan padat, oke langsung saja,

Ribetnya berjualan di Lazada lewat HP

Seperti dijelaskan pada artikel kemarin, untuk berjualan di Lazada ini, minimal sobat harus memiliki sebuah laptop atau PC, namun jika sobat tidak memilikinya apakah masih bisa?, jawabannya bisa, tapi seperti penulis bilang, sangat RIBET alias aplikasi Lazada yang ada di Android bisa dibilang banyak sekali kekurangannya,

Perlu diketahui, jika sobat menjadi seller di Lazada ini, untuk pengaturan tokonya seperti upload barang, chating, menerima proses orderan (pesanan) dan aktivitas lainnya, sobat harus memerlukan aplikasi yang bernama Seller Center Lazada,

Lalu bagaimana jika di PC atau laptop??, jawabannya adalah sama, jika lewat komputer sobat juga harus masuk ke situs Seller Center Lazada, jadi intinya pengaturan toko dibedakan, tidak seperti situs ecommerce lainnya,

Masa sih segitu ribetnya?, kok saya tidak?, padahal gampang kok, bisa saja pertanyaan tersebut ada dalam pikiran sobat pembaca, baik akan coba penulis jelaskan kenapa berjualan di Lazada melalui HP ini dibilang sulit bin ribet,

Pertama, untuk seller sobat harus menginstal aplikasi Seller Center Lazada yang dapat sobat unduh di google playstore, setelah mendownload silahkan pasang aplikasi tersebut dan login dengan akun seller Lazada sobat,

Info: akun seller di Lazada dibedakan menjadi dua, yaitu akun customer dan akun seller, jadi jika sobat ingin menjadi seller harus mendaftar terlebih dahulu di Lazada Seller Center,

Setelah login jalankan aplikasi tersebut, dan perhatikan gambar dibawah ini:

1. Halaman Beranda aplikasi Seller Center Lazada:

Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Pada gambar diatas sedikit penulis jelaskan menu pada halaman Beranda di aplikasi Seller Center Lazada ini, pada halaman Beranda ini sobat dapat melihat statistik perkembangan toko online yang dimiliki sobat, seperti jumlah pengunjung, pembeli, pageviews (berapa kali toko dilihat oleh pengunjung), jumlah pesanan dan pendapatan.

Kemudian sobat juga bisa mengolah toko online yang dimiliki sobat, seperti mengatur Produk, mengatur Pesanan, menambah produk untuk dijual, menganalisa bisnis, promosi dan mengatur voucher,

2. Halaman Pesan aplikasi Seller Center Lazada:

Ribetnya Berjualan di Lazada Lewat HP Android


Pada halaman Pesan, sobat sudah pasti bisa menebak jika pada menu ini adalah tempat kita menjawab semua diskusi antara penjual dan pembeli, jadi disini penulis tidak perlu menjelaskan lebih detail lagi ya sob,

3. Menu Akun Saya di Seller Center Lazada

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Di menu Akun Saya ini, sobat dapat melihat beberapa menu yang berisi tentang informasi akun yang kita miliki, dan beberapa pengaturan didalamnya seperti pengaturan chating, bahasa, tutorial, forum Lazada University dan informasi tentang aplikasi Seller Center ini,

Menurut penulis pada menu ini, pengaturan yang dimiliki sangat terbatas, hanya tampak pengaturan biasa saja, sobat hanya mengatur nama toko, alamat, nomor HP, merubah password, mengatur chatingan, mengatur mode toko libur, cukup simple sebenarnya tidak ada yang ribet disini,

Biasanya kita akan sering masuk ke menu Beranda aplikasi Seller Center Lazada ini untuk melakukan aktivitas jual beli, seperti menambah produk, memproses pesanan, dan lain sebagainya,



Sekilas jika sobat melihat tampilan beberapa menu diatas, pada halaman Beranda di aplikasi Seller Center Lazada memiliki fitur dan fasilitas yang cukup lengkap, namun terdapat beberapa kekurangan yang menurut penulis, sehingga membuat aplikasi ini dirasa tidak bersahabat dengan para penggunanya atau tidak User Friendly,

Dibawah ini penulis sedikit akan memberikan aktivitas yang sering dilakukan ketika proses jual beli, seperti menjawab chatingan, seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Jika sobat lihat pada gambar diatas, pada aplikasi Seller Center Lazada ini, seperti biasanya terdapat auto reply chat, yang fungsinya adalah aplikasi menjawab langsung secara otomatis chating jika respond seller lambat, jadi berikan nomor kontak yang dapat dihubungi pada pengaturan autor replya ini,

Pada gambar diatas seperti biasa kita sebagai seller, jika ada customer yang bertanya tentang produk yang akan dibeli, terkadang kita sebagai seller lupa tentang keterangan produk yang dijual, kita bisa mengklik link produk yang ditanyakan customer, agar kita tahu detail keterangannya, jadi kalau diklik seperti gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Jika tautan produk diklik maka akan keluar seperti gambar diatas, untuk melihat detail keterangan produk di Seller Center Lazada melalui HP, silahkan geser layar HP sobat kebawah sampai keluar menu diatasnya seperti tampak gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Setelah di klik, maka akan keluar detail keterangan barang yang sobat jual seperti gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Pada aktivitas tersebut tidak terdapat kendala yang berarti, hanya perlu sedikit ketelitian dan kreativitas kita dalam menjelajah berbagai menu yang ada, jadi penulis bilang oke,

Namun kendala ada pada ketika ada calon pembeli yang berdiskusi melalui kolom komentar yang ada di bawah produk yang kita jual, disini kita mulai agak dibuat ribet dengan aplikasi ini, perhatikan gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Pada gambar diatas, itu adalah tampilan ketika ada calon pembeli yang menanyakan ketersediaan produk yang kita jual, nah biasanya seperti yang ditulis diatas, terkadang kita sebagai penjual lupa dengan keterangan produk yang kita jual, karena memang tidak mungkin menghapal semua keterangan produknya satu persatu, apalagi yang dijual banyak,

Nah jika sudah lupa, pasti penjual akan mencari keterangannya dengan cara mengklik nama produk yang ditanyakan, namun apa yang terjadi??, ternyata produk tidak bisa di klik alias tidak aktif, perhatikan gambar dibawah ini:

Berjualan di Lazada Lewat HP Android

Gambar diatas adalah setelah kita mengklik nama produk yang akan kita lihat keterangannya, tidak keluar apa pun disana, lalu bagaimana solusinya?, ya mau tidak mau kita harus membukanya lewat aplikasi Lazada,

Mencari nama toko kita sendiri, kemudian cari nama barang yang akan kita cari keterangannya, lalu baca, itu adalah jalan satu-satunya, cukup mudah dilakukan jika kita melakukannya melalui komputer atau laptop,

Tapi berbeda jika menggunakan HP, seperti yang penulis rasakan selama ini, makanya terkadang penulis membalasnya dengan menyuruhnya untuk lanjut ke WA saja, agar transaksi lebih mudah,

Sejauh ini sih, hanya sebatas itu saja yang menurut penulis masih ribet dalam menggunakan aplikasi Seller Center Lazada ini, untuk yang lain okelah, masih bisa diatasi, cukup gunakan ketelitian, kejelian dan daya kreativitas kita dalam menggunakannya,

Jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut tentang keluh kesah dalam menggunakan aplikasi Seller Center Lazada ini, sobat dapat melihat penilaian dan komentar dari pengguna yang ada di Google Play Store, dan silahkan sobat nilai sendiri,

Ulasan ini dibuat, bukan untuk menakut-nakuti atau membuat sobat tidak mau berjualan dan menginstal aplikasi ini pada HP sobat, tulisan ini murni pengalaman pribadi penulis, tidak ada maksud lain dalam penulisan ini,

Tulisan ini apa adanya, dan diharapkan semoga Lazada dapat menjadi lebih baik lagi, dalam mengelola aplikasi Seller Center ini, agar kami penjual kecil ini bisa menjual produknya di Lazada,

Kiranya cukup demikian ulasan tentang pengalaman berjualan di Lazada melalui HP ini, jika sobat memiliki pengalaman lainnya, silahkan tinggal kan pada kolom komentar dibawah ini, sangat ditunggu kritik dan sarannya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar