Sejarah Singkat Rawon Nguling

Sejarah Singkat Rawon Nguling
Sejarah Singkat Rawon Nguling
Sejarah Singkat Rawon Nguling
Sejarah Singkat Rawon Nguling - halo sobat selamat datang kembali di b38 blog, pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit memberi informasi mengenai sejarah salah satu kuliner legendaris dan terkenal yang ada di Probolinggo ini mulai dari awal merintis hingga sukses serperti sekarang ini, oke langsung saja silahkan baca tulisan dibawah ini jika Sobat ingin mengetahuinya,

Sejarah Rawon Nguling:

Pada awal berdirinya Rumah makan Rawon Nguling ini dulu hanyalah sebuah warung biasa, yang pada waktu itu masih bernama Warung "Lumajan", dirintis oleh Mbah Karyoredjo, dan beliau inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya RM Rawon Nguling ini.

Berdiri sekitar tahun 1940an yang lalu, pada awalnya warung Lumajan hanya menjual ketan bubuk dan nasi rawon saja dan hanya melayani petani atau kusir delman yang berada di sekitar Desa Tambakrejo.

Proses memasak rawon pun dulu dilakukan masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu rawon diolah dalam wadah yang terbuat dari tanah liat yang diberi nama Kendil,

Kendil sendiri yaitu wadah besar (gentong) yang terbuat dari tanah liat, sampai menginjak tahun 1962 warung yang tadinya terbuat dari bambu perlahan mulai dirombak, begitu juga dengan cara pengolahan rawon yang tidak lagi memakai kendil.

Baca juga: Bakso Solo Belakang Plaza Probolinggo Asli Bikin Ketagihan

Hingga akhirnya tepat pada awal tahun 1990an RM Rawon Nguling ini terlihat mulai menuai hasil dari perjuangan panjangnya. Dan sampai dengan saat ini Rawon Nguling sudah berkembang di beberapa kota besar Indonesia dan semuanya masih tetap mempertahankan cara pengelolaan rawon yang masih tradisional.

Bahkan sang perintis pun memberikan tips khusus untuk menjaga rasa di lidah para pelanggan setianya, diantaranya adalah bumbu daging empal dan bahan baku lainnya diambil dari tempat asalnya, oleh sebab itulah semua cabang Rawon Nguling menggunakan satu resep dan racikan dengan standar yang sama yaitu berasal dari Desa Nguling Probolinggo.

Setelah melewati perjalanan panjang bertahun-tahun, warung yang awalnya sederhana itu telah menjadi sebuah rumah makan yang sering melayani para pesohor negeri ini (termasuk mantan Presiden Indonesia Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono pernah mampir ke rumah makan ini).

Rawon Nguling

Nama "Rawon Nguling" pun sengaja dipakai sebagai identitas dan telah mendapatkan hak paten sejak tahun 2000 yang lalu. Nama ini menguatkan identitas rumah makan dan memiliki keunikan serta ciri khasnya yakni Rumah Makan tersebut berasal dan berada di Daerah Nguling.

Jika sobat ingin mampir dan mencicipi kelezatan Rawon Nguling ini, silahkan langsung saja datang ke lokasinya yang beralamat di :

Jl. Raya Tambak Rejo 75 Kec Tongas Kabupaten Probolinggo, tlp. 0335 511091 / 511350, Rumah makan ini buka setiap hari, dari jam 05.00 pagi hingga jam 21.00 malam,

Untuk lebih jelasnya ada menu apa saja yang disediakan di Rumah Makan Rawon Nguling ini?, Sobat dapat membaca tulisan yang ada di blog ini yang mengulas tentang review sekaligus mengenai Daftar Harga dan Menu Rawon Nguling,

Itulah tadi tulisan tentang sejarah Rawon Nguling ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah informasi Sobat semua, terima kasih telah berkunjung.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar