Informasi Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling

Informasi Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling
Informasi Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling
Informasi Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling
Syarat dan biaya perpanjangan SIM keliling akan dibahas secara singkat dan padat di dalam bahasan atikel kali ini. Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen wajib yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan di jalan raya, baik motor maupun mobil. Tanpa adanya SIM, maka seseorang tidak boleh turun ke jalan raya dan mengendarai kendaraan bermesin. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memiliki SIM antara lain adalah memiliki umur minimal 17 tahun, sudah memiliki KTP dan lulus tes yang diadakan di samsat.

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah salah satu hal yang wajib dibawa ketika sedang berkendara, oleh karena itu Sobat harus selalu memastikan bahwa SIM Sobat masih dalam masa berlaku. SIM yang kadaluarsa akan membuat Sobat jatuh ke dalam masalah, polisi lalu lintas akan memberikan surat tilang akibat dari SIM yang sudah tidak lagi berlaku tersebut.

Semenjak bertahun-tahun lalu, memperpanjang SIM harus melalui prosedur yang rumit dan kita diharuskan datang langsung ke samsat. Tentunya bila Sobat kebetulan sedang jauh merantau di kota lain, maka Sobat harus pulang terlebih dahulu ke kota asal untuk sekedar memperbaharui SIM yang kita miliki.

Namun saat ini sudah ada metode yang lebih mudah untuk memperpanjang SIM. Sobat dapat memanfaatkan layanan SIM online atau SIM keliling yang seringkali singgah di beberapa tempat di kota Sobat.

Kemudahan yang didapat saat ini adalah hal yang paling utama bagi kebanyakan orang, sebab saat ini kita sudah memasuki zaman yang sibuk, dimana orang-orang menginginkan semua serba mudah dan cepat dalam kegiatan sehari-harinya.

Seperti pembayaran tagihan, pembelian, pemesanan dan lain sebagainya. Terbukti saat ini semkain banyak bermunculan toko online baik di media sosial maupun dari aplikasi ecommerce yang dapat melayani seluruh kebutuhan masyarakat, mulai dari pakaian, elektronik, pembayaran rekening listrik, pdam dan lain sebagainya.

Selain itu banyak jenis aplikasi bermunculan yang dapat memudahkan kita seperti salah satu contoh adalah aplikasi untuk memperpanjang SIM yang bernama SIMOBO, dengan menggunakan aplikasi tersebut semua bisa dikerjakan hanya dengan satu tangan dan kapan saja.

Berdasarkan dengan hal tersebut, maka layanan SIM online dan SIM keliling hadir untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Pada kesempatan kali ini yang akan dibahas admin adalah mengenai SIM keliling, kadangkala lokasi samsat yang terlalu jauh dari tempat tinggal, sehingga selain tidak sempat untuk datang ke samsat, terkadang seseorang juga malas.

SIM keliling jika di daerah admin sendiri biasanya datang pada hari Jum’at, namun tidak menutup kemungkinan SIM keliling juga datang pada hari dan jam yang berbeda di tempat Sobat. Pantau saja terus akun sosial media dari satlantas tempat tinggal Sobat, di sana biasanya mereka akan memberikan informasi mengenai jadwal layanan SIM keliling serta titik mana saja yang akan mereka datangi.

Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling : Ketentuan Perpanjangan

Seperti namanya, syarat dan biaya perpanjangan SIM keliling sendiri adalah sebuah layanan yang akan memudahkan seseorang untuk melakukan perpanjangan SIM. Layanan tersebut adalah layanan resmi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Jadi Sobat tidak perlu lagi untuk datang ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dan melakukan perpanjangan secara manual di sana. Namun saat ini, pada hari-hari tertentu, Sobat dapat melakukan perpanjangan SIM di beberapa titik yang sudah ditunjuk oleh SIM keliling tersebut. Tentunya hal tersebut akan lebih mudah dan praktis bukan?

Ada hal yang perlu Sobat ketahui bahwa SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM saja dan tidak melayani pembuatan SIM. Untuk pembuatan SIM sendiri, maka Sobat harus langsung datang lansung ke kantor SAMSAT yang ada di kota Sobat. Meskipun begitu, layanan SIM keliling sudah sangat membantu kita sebagai masyarakat dalam layanan SIM.

Ada beberapa ketentuan khusus untuk melakukan perpanjangan SIM, seperti misalnya bahwa tidak semua SIM dapat diperpanjang di layanan SIM keliling. Untuk layanan perpanjang SIM secara lengkap, kita harus datang langsung ke kantor SAMSAT.

Perpanjangan SIM di layanan SIM keliling hanya melayani SIM C (sepeda motor) dan SIM A (mobil) saja. Sedangkan untuk SIM lainnya sobat harus datang langsung ke kantor SAMSAT.

Perpanjangan SIM sendiri harus dilakukan 1 hari sebelum SIM habis masa berlakunya atau kadaluarsa, dan batas maksimalnya adalah 14 hari setelah masa berlaku habis.

Sedangkan SIM yang bisa di proses adalah SIM yang sudah habis masa berlakunya maksimal 3 bulan. Kalau lebih dari itu, maka pengurusannya harus dilakukan di kantor SAMSAT secara langsung.

Syarat dan Biaya Perpanjangan SIM Keliling : Prosedur Perpanjangan SIM

Ada beberapa prosedur yang harus dilalui sebagai syarat dan biaya perpanjangan SIM keliling. Sebagaimana proses perpanjang SIM di kantor SAMSAT, SIM keliling juga menerapkan sejumlah prosedur dan syarat tertentu.

Ada pula biaya yang harus ditanggung untuk sebuah SIM yang diperpanjang tersebut, berikut dibawah ini akan dibahas mengenai prosedur perpanjangan SIM tersebut.

Pertama-tama, siapkan kelengkapan perpanjangan SIM sobat, seperti :

  1. SIM lama
  2. Fotocopy KTP (biasanya butuh 4 lembar)
  3. Surat keterangan sehat

kemudian Sobat pastinya harus mendatangi mobil SIM keliling, jangan asal datang ya namun cek terlebih dahulu jadwal dari SIM keliling tersebut di akun sosial media dari SAMSAT jadwal SIM keliling tersebut.

Sekedar informasi tambahan saja, bahwa untuk perpanjangan SIM keliling sendiri ini terbatas, jadi tidak semua pengajuan perpanjangan akan dilayani. Jadi harap datang lebih awal dan segera antri untuk mendapatkan formulir permohonan SIM.

Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan seksama, pikirkan nanti soal syarat dan biaya perpanjangan SIM keliling tersebut. Jangan lupa untuk menandatangani fomulir tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Cek lagi apakah semua yang dibutuhkan di formulir tersebut sudah terisi dengan baik dan benar. Lengkapi formulir tersebut dengan SIM lama, fotocopy KTP Sobat. Lalu tinggal tunggu saja nomor antrian Sobat dipanggil.

Setelah Sobat dipanggil oleh petugas, sebelum dilanjutkan proses petugas akan melakukan penyamaan data diri terlebih dahulu dengan data diri Sobat, akan dilakukan juga pemindaian sidik jari dan juga pengambilan tanda tangan. Tinggal tunggu proses cetak saja, maka proses akan selesai. Semua layanan dilakukan di dalam mobil SIM keliling, termasuk soal pembayaran dan lain-lain.

Adapun biaya yang harus dibayarkan untuk layanan SIM keliling sendiri akan dikenakan sebagai berikut ini:

  1. Perpanjangan SIM C motor biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 75.000 (2018)
  2. Perpanjangan SIM A mobil biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 80.000 (2018)

Layanan SIM keliling letaknya tidak selalu sama di satu titik saja, namun berganti-ganti setiap harinya. Karenanya sangat penting bagi Sobat untuk mengamati jadwal SIM keliling setiap saat ketika Sobat butuh.

Itulah tadi syarat dan biaya perpanjangan SIM keliling yang harus Sobat ketahui. Ada pula layanan SIM online yang dapat Sobat lakukan, namun Sobat harus tetap mendatangi kantor SAMSAT untuk mendapatkan SIM terbaru. Biaya yang ditetapkan juga cukup terjangkau, jadi Sobat tidak perlu khawatir soal biaya yang akan mahal. Pemerintah selalu berusaha meningkatkan layanan terhadap kemudahan masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika Sobat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sobat dapat membantu perkembangan blog ini berupa donasi via Paypal yang nantinya dapat digunakan untuk memperpanjang domain www.b38.web.id - Terima kasih.
Buka Komentar